Cara Membuat Pembangkit Listrik Sederhana Menggunakan Tenaga Magnet

Tempatnya para hobies elektronika mencari inspirasi

Cara Membuat Pembangkit Listrik Sederhana Menggunakan Tenaga Magnet

Selamat datang kembali di website kesayangan hobby elektronika kali ini kami akan membahas cara membuat pembangkit listrik menggunakan tenaga magnet cara ini terbilang sangat sederhana karena berukuran kecil dan listrik nya pun tidak seperti pembangkit listrik lainnya.

Sebelum kita ke materi utama pasti kalian sudah tau macam macam pembangkit listrik seperti Pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Pembangkit listrik Tenaga air (PLTA) dan yang terbaru dan ramai di gunakan yakni Pembangkit listrik Tenaga Surya (PLTS) atau bisa juga di sebut solar cell.

Jika di bandingkan dengan 4 pembangkit listrik di atas listrik tenaga magnet belum bisa menyentuh setengah hasil listriknya. jika kalian membuatnya hanya untuk praktek sekolah atau mainan sepertinya cocok dengan listrik tenaga magnet berikut sedikit cara membuatnya semoga membantu dalam anda praktek di rumah

Cara Membuat Pembangkit Listrik Tenaga Magnet

Untuk Membuat listrik tenaga magnet ini kita perlu menyiapkan beberapa bahan atau komponen agar saat membuatnya lancar tak perlu bingung lagi. namun ada beberapa kendala yang terjadi saat kita mencari magnet karena magnet yang kita cari harus memiliki nilai negative yang kecil namun nialai flux yang besar agar putaran rotor dapat cepat dan stabil.

Jika anda hanya mendapatkat magnet dengan kwalitas biasa saja tidak masalah hanya saja nanti putaran tidak sekuat jika magnetnya memiliki negative yang kecil dan jika putaran rotor tidak kencang maka listrik yang di hasilkan juga kecil berikut bahan yang perlu anda siapkan untuk membuat listrik tenaga magnet:

  • Magnet bulat 8 biji (sebagai Rotor) 
  • Magnet (bekas speaker) 1 biji (sebagai Stator)
  • Lampu LED 1 buah
  • Kawat kumparan secukupnya
  • Dinamo/ generator 1 buah
  • Gunting
  • Lem
  • Mainan Anak (sebagai kincir magnet)
  • Kayu secukupnya

Untuk dinamo atau generator kalian bisa gunakan dinamo pemutar tipe model lama yang kasetnya masih kotak itu kan ada dinamonya itu bisa di gunakan untuk generator tinggal menghubungkan ujung pemutar atau shaft ke rotor jika kalian masih bingung bisa lihat gambar di bawah ini dan ikutilah semirip mungkin:


Untuk arus listrik yang di hasilkan yakni DC untuk besarnya bervariasi tergantung kwalitas dinamo atau generator dan kecepatan putar rotor jika semakin besar generator dan cepat putaran rotor maka akan semakin besar arus DC yang di hasilkan. untuk lampu kalian bisa menggunakan lampu LED kecil 1 buah dulu jika ternyata terang bisa di tambah.


Keuntungan Listrik Tenaga Magnet

Menggunakan listrik tenaga magnet memiliki banyak keunggulan di bandingkan dengan listrik PLTA dan PLTD jika dilihat dari lingkungan mari kita simak di bawah ini beberapa manfaat listrik pembangkit listrik sederhana ini:

  • Dari segi lingkungan yang pasti lebih ramah lingkungan dan tidak ada polusi yang di hasilkan hanya energi saja.
  • Dari segi biaya sangat hemat karena tidak ada bahan bakar untuk menggerakkan rotor hanya memanfaatkan flux magnet.
  • dari segi perawatan sangat minim karena rotornya awet
Namun dari banyaknya manfaat di atas pasti ada kekurangan dan lemahan salah satunya energi listrik yang di hasilkan sangatlah minim. cukup sekian arikel ini kami buat semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda untuk membuat pembangkit listrik tenaga magnet kujungi juga artikel kami lainnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Membuat Pembangkit Listrik Sederhana Menggunakan Tenaga Magnet

0 komentar:

Post a Comment