Jenis Jenis Kabel Pada Komputer Dan Fungsinya

Tempatnya para hobies elektronika mencari inspirasi

Jenis Jenis Kabel Pada Komputer Dan Fungsinya

Pada Kesempatan Kali ini Hobby elektronika akan membahas tentang jenis jenis kabel pada komputer beserta fungsinya banyak sekali teman teman elektronika yang masih bingung dengan kebel kebel pada komputer kebanyakan hanya tau memasang dan nama nya saja belum sampai tahu detail sampai ke fungsi dan nama asli kabel tersebut.

Kabel kabel pada rangkaian komputer pada umumnya untuk menghubungkan hardware 1 dengan yang lainnya dan pada tiap tiap hardware memiliki fungsi sendiri sendiri. pada artikel sebelumnya kami juga membahas tentang jenis jenis kabel listrik namun secara umum jika kalian ingin mengetahuinya silahkan buka artikelnya

Jenis Jenis Kabel Pada Komputer

1. VGA (Video Graphic Array)

Kabel VGA ini merupakan kabel standar yang sering digunakan untuk menyambungkan komputer ke monitor untuk menampilkan proses yang sedang berlangsung dalam bentuk visual itulah fungsi kabel VGA. Sesuai namanya, kabel ini dihubugnkan saling menghubungkan komputer dan monitor melalui VGA Card, baik yang on-board ataupun add-on. untuk ciri ciri kabel VGA bisa anda lihat di gambar di bawah ini:

2. DVI (Digital Visual Interface)

Kabel DVI merupakan kabel generasi terbaru dari kebel VGA kebel ini lebih canggih dan bagus kwalitasnya karena dapat mengirimkan signal analog menjadi tampilan di LCD itylah fungsi lebih nya, namun jarang sekali komputer sekarang yang menggunakan jadi jika kebanyakan menggunakan konverter dari DVI ke VGA. 

Kabel DVI memiliki 3 jenis yakni DVI-A, DVI-D dan DVI-I untuk ciri ciri nya bisa anda lihat di bawah ini :


3. HDMI (High Definition Multimedia Interface)

Kebanyakan teman teman elektronika di sini hanya tau nama singkatan dari kabel ini yakni HDMI jarang yang tau kepanjangan dari kabel HDMI. kabel HDMI ber fungsi untuk menghubungkan komputer ke layar monitor berupa vidio dan audio ada 4 jenis jenis kabel HDMI yakni tipe A, tipe B tipe C dan tipe D. ciri ciri kabel bisa anda lihat di bawah ini.

4. IDE (Integrated Drive Electronics)

Merupakan jenis kabel lama yang sekarang sudah mulai sulit ditemukan. Kabel IDE digunakan untuk menghubungkan perangkat keras hardisk dan juga Optical Drive (DVD) ke motherboard. Ciri khas yang paling menonjol dari kabel IDE adalah bentuk fisiknya yang cenderung lebar, dan didukung oleh jumlah pin yang berkisar antara 40-44 pin.

Saya rasa cukup sekian artikel tentang jenis jenis kabel pada komputer yang sering di gunakan semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Jenis Jenis Kabel Pada Komputer Dan Fungsinya