Cara Membuat Inverter Sederhana DC ke AC 1000 Watt Dengan Mudah

Tempatnya para hobies elektronika mencari inspirasi

Cara Membuat Inverter Sederhana DC ke AC 1000 Watt Dengan Mudah

Membuat Inverter Sederhana DC ke AC 1000 Watt - Hay sobat selamat datang kembali di website hoo-tronik.com dalam kesempatan kali ini kami akan membahas tentang cara membuat inverter DC ke AC 1000 watt bagi kalian yang belum mengerti apa itu inverter? inverter adalah sebuah alat elektronika yang di gunakan untuk mengubah arus listrik searah DC ke arus bolak balik AC banyak varian inverter yang ada mulai dari 350 watt sampai 5000 watt.

Nah untuk tutorial yang kita gunakan kali ini menggunakan sumber arus DC 12 volt yakni baterai atau accu agar mudah kita menemukannya, untuk perlengkapan lainnya anda bisa membelinya di toko elektronik terdekat. pada rangkaian yang akan kita buat ini akan menghasilkan tegangan AC 220 volt bisa anda gunakan untuk menyalakan lampu emergancy atau di gunakan untuk yang lainnya.

Pada perkembangan elektronika zaman sekarang sangat mudah sekali menemukan inverter di toko elektronik tinggal beli saja namun walitas yang di hasilkan tidak akan sebagus jika kita merakit sendiri dengan komponen yang kita pilih. jika anda ingin merangkainya bisa anda siapkan komponen di bawah ini:

  • 1 buah Trafo 12 volt CT minimum 10 Amp atau lebih
  • 2 buah Transistor power mosfet IRFZxx seperti IRFZ44 atau persamaannya
  • 2 buah Transistor NPN c945
  • 1 buah Kotak PCB kecil bisa beli bisa buat sendiri
  • 1 buah Kotak atau box bekas power supply komputer
  • 1 buah Resistor 470 ohm
  • 2 buah Resistor 4k7 ohm
  • 1 buah Kapasitor 10 uf
  • 2 buah Kapasitor 100 nf
  • 1 buah IC 78L12
Dari bahan bahan di atas tidak akan langsung menghasilkan 220 volt AC dengan daya 1000 watt tanpa adanya tangan kreatif dari kita sendiri. selanjutnya kalian download gambar skema inverter sederhana di bawah ini kemudian amati dan pelajari jalur aliran arus listriknya kemudian rangkai dengan perlahan.
Bagi anda yang masih baru dalam merangkai atau membaca skema di atas bisa tuliskan komentar di bawah agar tidak salah dalam membuatnya inverter 12V DC ke 220V AC dengan daya 1000 watt ini. meskipun terlihat sederhana inverter ini sangat power full dan hampir 100% work asalkan merangkainya tidak salah.

selain komponen di atas anda memerlukan alat bahan lain untuk merangkainya seperti obeng, solder, tang, timah, solasi serta papan. sedikit tips bagi anda sebelum On kan rangakain tersebut pasang terlebih dahulu fuse 25 agar jika ada rangkaian yang salah atau short circuit tidak merusak komponen lain tinggal anda perbaiki saja.

Sekian artikel tentang cara membuat inverter sederhana 220 volt dengan daya 1000 watt semoga bermanfaat dan semoga rangkaian yang anda buat sukses oohh ya jika anda ada baterai bisa anda gunakan accumulator untuk sumber dayanya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Membuat Inverter Sederhana DC ke AC 1000 Watt Dengan Mudah

0 komentar:

Post a Comment