Dasar Dasar Rangkaian Seri dan Pararel dan Rumusnya

Tempatnya para hobies elektronika mencari inspirasi

Dasar Dasar Rangkaian Seri dan Pararel dan Rumusnya

Rangkaian seri dan pararel merupakan sistem kelistrikan dasar yang pada umumnya setiap rangkaian selalu menggunakan nya entah itu menggabungkan seri dengan pararel atau menggunakan salah satunya saja. kenapa kita harus mengerti dasarnya dulu? kenapa tidak langsung ke skema? alasannya karena suama sistem kelistrikan mulai dari instalasi rumah kompenen besar seperti inverter dan power supply pun berawal dari rangkaian seri dan pararel yang di buat dengan skema khusus dengan tambahan komponen sehingga dapat berfungsi semestinya.

Pada update kali ini hobby elektronika hanya akan membahas tentang dasar seri dan pararel saja karena jika sudah menyentuh ke skema atau ke rangkaian akan lebih rumit dari segi bahan ataupun penjelasannya, namun jika kalian ingin  atau tutorialnya bisa pesan di komentar atau kontak ke kami akan kami buatkan artikelnya, kalian juga bisa jelajahi situs ini kami telah membuat banyak sekali cara cara elektronika seperti inverter kapasitor power supply dan lain lain.

A. Pengertian Rangkaian Seri

Apa pengertian rangkaian seri? dan apa keunggulan nya? Rangkaian seri adalah suatu rangkaian listrik yang di hubungkan secara sejajar dan pada tiap tiap komponennya memiliki arus yang sama.

Rangkaian ini banyak sekali kekurangannya yakni hambatan pada rangkaian lebih besar menjadikan nyala lampu lebih redup dan jika komponen/lampu satu mati maka komponen/lampu lainnya juga mati karena sambungannya sejajar karena itu rangkaian seri sering sekali di sebut rangkaian tunggal. sedangkan kunggulannya yakni kuat arus pada tiap tiap aliran besarnya sama.

Pada rangkaian umumnya selalu menggabungkan rangkaian seri dan pararel agar kelebihan dan kekurangannya selalu bisa di tutupi namun itu juga tergantung pada si pembuat instalasi listriknya. berikut contoh gambar rangkaian seri sederhana:
Pada contoh di atas kita bisa lihat jika salah satu lampu mati maka lampu sebelahnya juga mati karena tidak ada lagi yang menghubungkan arus ke lampu sebelahnya. kami bagikan juga rusmus rangkaian seri sebagai berikut:
I= I1=I2=I3 dan seterusnya
V= V1+V2+V3
R total= R1+R2+R3
Keterangan:

  • I = Arus
  • V = Tegangan
  • R = Hambatan

B. Pengertian Rangkaian Pararel

Setelah kita bahas rangkain seri sekarang kita lanjut dengan rangkaian pararel di mulai dari pengertian nya terlebih dahulu. rangkaian pararel adalah Suatu rangkaian listrik yang memiliki sumber arus sendiri pada tiap beban atau lampunya. jadi rangkaian pararel sedikit rumit namun efektif dan banyak di gunakan di instalasi kelistrikan atau rangkaian sederhana.

Keunggulan rangkaian pararel yakni jika beban putus satu beban atau lampu yang lain tidak mati karena memiliki sumber tegangan sendiri sendiri. dan untuk di lihat dari kekurangannya rangkaian pararel dari segi arus, hambatan, dan tegangan tidak ada masalah namuan dari segi teknis seperti pemasangan serta mengetahui kerusakannya sedikit ribet itulah kekurangannya.

Di atas merupakan contoh gambar rangkaian pararel bisa di lihat rangkainnya sedikit rumit jadi butuh ketelatenan dalam merangkainya tidak hanya itu untuk menghitungnyapun sedikit rumit lihat rusmus rangkaian pararel di bawah ini:
Untuk keterangannya sama dengan di rangkaian seri. tidak selesai sampai di sini kedua rangakain di atas bisa di gabungkan menjadi rangkaian seri pararel jelas lebih rumit namun kebanyakan instalasi rumah rangakai elektronika sedang sampai ke atas menggunakannya.

C. Pengertian Rangkaian Seri Pararel

rangkaian seri pararel adalah gabungan dari kedua rangakain seri dan rangkaian pararel pada umumnya di gunakan pada instalasi rumah dan rangkaian elektronika seperti sound system jadi kekurangan dari keduanya bisa di tutupi dan semakin power full.

pada contoh gambar di atas rangkaian seri dan pararel di gabung jadi sedikit rumit dalam merangkainya dan menghitung kuat arus hambatan dan tegangannya harus di hitung satu satu ikuti rumus di bawah ini:
Saya rasa sudah cukup panjang lebar penjelasan rangkaian seri dan pararel dari kami semoga bermanfaat jika ingin mahir hitung menghitung kelistrikan bisa anda pelajari hukum kirchoff karena sumua percabangan listrik di mulai dari sana. sekian kunjungi artikel kami lainnya terima kasih

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Dasar Dasar Rangkaian Seri dan Pararel dan Rumusnya