Membuat Box Untuk Speaker / Sound System Lapangan

Tempatnya para hobies elektronika mencari inspirasi

Membuat Box Untuk Speaker / Sound System Lapangan

Speaker atau sound system merupakan kebutuhan pokok bagi lingkungan sekitar dan diri kita sendiri karena tanpa pengeras suara kita tak akan mendengan adzan musik atau suara dalam gedung rapat. speaker adalah suatu komponen elektronika yang dapat mengubah gelombang listrik menjadi getaran melalui membran yang menggetarkan udara maka timbulah suara tersebut.

Banyak sekali jenis jenis speaker tapi jika dilihat dari  penempatan speaker di bagi menjadi dua yakni:
  1. Speaker Ruangan, speaker atau sound system yang di rangkai khusus untuk dalam ruangan speaker ini di buat tidak untuk jarak jauh dan udara sekitar pun tenang maka suaranya akan makin bagus misalnya sound di gedung, tempat karaoke dan masih banyak lagi yang membedakan selain dari rangkaian dari box speaker itu sendiri juga mempengaruhi
  2. Speaker Lapangan, speaker ini di buat berkebalikan dengan speaker ruangan dan biasanya ukurannya lebih besar 12 inch, 15 inch dan bahkan 18 inch pada speaker, box dan rangkaiannya, sering di gunakan pada acara nikah, demonstrasi dan lain lain
Kali ini kami ingin berbagi tentang cara membuat box speaker lapangan agar suaranya lebih bass dan jauh meskipun di area luar dan terkena angin. Sebelum memulai membuat pastikan anda memilih terlebih dahulu ukuran speaker yang akan anda gunakan misal yang sering di gunakan untuk lapangan yakni 15 inch dan 18 inch atau sesuaikan saja dengan amplifier atau power supply milik anda.

Contoh box speaker 15 inch lapangan

Di atas merupakan box speaker double 15 inch untuk lapangan anda bisa gunakan kayu dengan tebal 1 cm dengan memperhatikan ukuran di atas. yang perlu di perhatikan yakni lubang udara dan jarak magnet dengan belakang papan box sebagai penentu suara bass speaker anda

box speaker subwoofer lapangan

Contoh skema di atas untuk speaker 10 inch saja jika kalian ingin memperbesar tinggal kalikan perbandingan saja, speaker subwoofer selain cocok di gunakan untuk mobil bagus juga untuk lapangan asalkan di bekali dengan amplifier yang memadahi misal 1500 watt pasti suaranya mantap tanpa ada dengung nya.

Untuk bahan pembuatannya biasanya yang bagus menggunakan multiplex 18mm ini yang umum di pakai. selama merangkai speaker perhatikan saat mekakukan pengeleman yang kuat bila perlu campur dengan serbuk kayu agar meminimalisir getaran pada speaker.

Perlu anda perhatikan juga susunan kombinasi speaker yang baik untuk lapangan. Misalnya 12 inch x 2 untuk mid 18 inch x 2 untuk low (sistem direct) dan 1 x twiter (driver). Pemilihan susunan sound system tersebut juga harus disesuaikan dengan kondisi medan seperti luas lapangan dan lain sebagainya.




Cara membuat box speaker lapangan di atas bisa menyesuaikan ukuran 10 inch 15 inch ataupun 18 inch tergntung kebutuhan. perlu di ingat selain box kualitas mesin juga harus mendukung speakernya sendiri boxnya bagus mesin kecil ya tidak bisa. demikian artikel ini kami buat semoga bermanfaat bagi anda semua.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Membuat Box Untuk Speaker / Sound System Lapangan