Aki Anda Rusak? Di sini Cara Memperbaiki Aki Basah

Tempatnya para hobies elektronika mencari inspirasi

Aki Anda Rusak? Di sini Cara Memperbaiki Aki Basah

 Aki merupakan sumber listrik DC yang sering di gunakan di kendaraan dan alat alat motor lainnya seperti genset, generator dan lain lain. aki ber fungsi untuk starter awal saja biasanya kalau sudah hidup di back up dengan alternator. aki sekarang di bedakan menjadi 2 jenis aki basah yang menggunakan zat kimia yakni air zuur dan aki kering menggunakan sel sel yang memiliki tegangan. kali ini hobby elektronika ingin berbagi tentang cara memperbaiki aki basah.

aki basah sekarang kurang di minati karena harus sering melakukan perawatan, dan dimensinya lebih besar daripada aki kering, jika perawatannya kurang baik aki basah mudah rusak. cara memperbaikinya sebenarnya cukup mudah ikuti saja tutorial di bawah ini.
Cara Memperbaiki Aki Basah

Indikasi aki basah anda telah rusak yakni terkadang saat di isi kembali tidak masuk, mudah drop orang lain biasa menyebutnya aki soak. banyak cara untuk memperbaiki aki basah salah satunya menggunakan bodrek obat sakit kepalah pertama memang meragukan tapi di jamin manjur untuk aki anda. siapkan alat alat di bawah ini sebelum mulai memperbaiki:

  • Air aki zuur
  • Air setengah panas
  • Sarung tangan
  • Obat Sakit Kepala (Bodrex)
  • Obeng
Tips yang kami bagikan ini tidak dapat menjamin aki basah anda langsung baik dan bisa di gunakan karena tergantung dengan keadaan aki tersebut jika elemen elemen sudah rusak seperti robek pecah pecah dan lain lain aki tersebut tidak bisa di perbaiki. Ikuti langkah langkah di bawah ini untuk Memperbaiki Aki Basah anda?
  1. Gunakan sarung tangan yang telah di siapkan tadi untuk mencegah tangan gatal karena air accu, kemudian lepas tempat pengisian accu menggunakan obeng tadi dan buang air accu yang masih ada di dalam aki di tempat yang aman karena termasuk cairan berbahaya.
  2. setelah air akinya habis diamkan dahulu kita beralih ke air panas tadi campurkan dengan bodrek kemudian aduk aduk hingga larut.
  3. isikan ke aki yang rusak tadi kemudian kocok kocok agar kotoran yang menempel pada elemen bersih. kotoran pada element tersebutlah yang membuat aki anda drop jadi lakukan berulang ulang hingga elemen aki bersih.
  4. jika sudah di pastikan bersih balik aki dan jemur hingga kering kurang lebih 3 jam, tingkat keberhasilan cara ini pada saat anda membersihkan elemen aki tersebut semakin bersih semakin tinggi juga berhasilnya.
  5. jika aki sudah kering isi dengan air zuur tadi hinng level upper dan diamkan 12 jam setelah itu charge baterai hingga penuh dan siap di coba gunakan.
Dari lima langkah di atas mana yang kurang jelas bisa di tanyakan di inbok saja, jika cara Memperbaiki Aki Basah ini berhasil pastikan perawatannya agar tidak rusak lagi. penyebab aki rusak sebagian besar dari pemiliknya aki di diamkan tidak di gunakan juga tidak baik. misal mobil atau motor lagi parkir jarang di gunakan usahakan di hidupkan di panasin agar aki bekerja. sekian artikel ini kami buat semoga menambah wawasan anda terima kasih

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Aki Anda Rusak? Di sini Cara Memperbaiki Aki Basah