7 Jenis Jenis Kabel listrik Beserta kegunaannya

Tempatnya para hobies elektronika mencari inspirasi

7 Jenis Jenis Kabel listrik Beserta kegunaannya

Kabel merupakan kebutuhan pokok perabotan rumah tangga tanpa kabel kita tak akan ada penerangan, kebel memiliki  jenis jenis kabel listrik sendiri yang lumayan banyak dan setiap jenisnya memiliki fungsi nya masing masing selain fungsi dasarnya yakni menghantarkan arus listrik.

di setiap rumah rumah dan hampir setiap kegiatan di rumah membutuhkan kabel listrik misalnya nonton TV, setrika, charge HP dan bahkan menyalakan komporpun menggunukan kabel pematik selain di rumah kabel memiliki fungsi di kendaraan dan pemancar frekuensi signal, begitu banyak sekali fungsi kabel di sini maka dari itu kita harus mengenal dan mengerti jenis jenisnya.

Komponen atau Bagian Bagian Kabel

Selain memiliki banyak jenis jenis kabel juga memiliki bagian penting dalam komponennya seperti isolator dan konduktor. Isolator adalah bagian pelapis kabel yang berfungsi sebagai pelindung kawat atau besi di dalamnya. isolator pada kabel tidak dapat menghantarkan listrik dan bahan pembuatannya biasanya dari plastik atau Thermosetting semakin tinggi nilai isolator semakin bagus kwalitas kabel tersebut.

Konduktor adalah komponen utama pada kabel listrik yang berfungsi sebagai penghantar arus listrik dan biasanya terbuat dari tembaga atau alumunium. pada tiap jenis kabel memiliki kekuatan hantar arus yang berbeda beda tergantung dari bahan konduktor tersebut. nilai hantar arus kabel di pengaruhi juga besar kecilnya suatu konduktor tersebut semakin besar kabel dan bahan konduktor bagus maka semakin bagus nilai ampere nya.

Jika kita melihat di sekitar seperti di toko atau rumah terdapat berbagai jenis kwalitas kabel dari konduktor yang kualitas rendah isolator tidak tahan panas dan masih banyak lagi. banyak sekali pabrikan kabel yang membuat konduktor dari tembaga campuran agar harga kabel relatif murah namun yang pasti tidak akan awet. konduktor terbaik saat ini yakni tembaga murni dan emas murni yang pasti kabel tersebut hanya di gunakan pada komponen komponen khusus yang membutuhkan kecepatan.

Jenis Jenis Kabel Listrik

1. Kabel Listrik NYA

Jika kalian pernah melihat kabel dengan isi 1 kawat dengan lapisan isolator 1 lapis itulah kabel NYA pada umumnya jenis jenis kabel NYA di gunakan pada instalasi rumah karena kwalitasnya medium dan harga terjangkau bahan yang di gunakan yakni tembaga sudah bagus untuk menghantarkan listrik rumahan.

Selain memiliki ciri ciri di atas kabel NYA memiliki ciri fisik yakni konduktor berukuran 1,5 mm atau 2,5 mm serta bahan untuk membuat isolatornya dari PVC warna kabel NYA pada umumnya merah, kuning dan hitam

2. Kabel Listrik NYM
Jenis kabel NYM memiliki ciri ciri yakni memiliki inti lebih dari satu bisa 2, 3 bahkan 4 dan pada setiap inti (konduktor) kabel di lindungi dengan isolator jadi isolatornya tida cuma 1 lapis bahan paling luar isolator terbuat dari PVC untuk ukuran kawat kabel NYM sama dengan kabel NYA 1,5 mm atau 2,5 mm.

kabel jenis NYM sangat sering di gunakan pada instalasi besar seperti gedung, rumah besar dan sejenisnya, karena kwalitas kabel NYM bagus jadi mahal harganya dan untuk penempatan sering di tanam dalam tembok atau di lapisi pipa pipa plastik kabel NYM biasa di sebut juga kabel ENGKEL.

3. Kabel Listrik NYY
jenis kabel NYY mirip dengan kebel NYM yang membedakan yakni dari bahan konduktor serta isolatornya jika kebel NYY dari segi isolatornya lebih kuat kalau lapisannya sama dengan NYM namun biasanya terdapat anti gigitan tikus

dan untuk konduktornya terbuat dari tembaga namun lebih kaku dan nilai hantar arusnya lebih besar untuk ukurannya sama yakni 1,5 mm atau 2,5 mm kabel NYY di setting untuk OUTDOOR seperti galian tanah dalam air atau kondisi lembat kabel NYY sangat cocok

4. Kabel Listrik NYAF
Kabel Serabut mungkin itulah yang sering anda dengar untuk kabel jenis NYAF ini, jenis kabel NYAF terbuat dari tembaga murni atau campuran dengan lapisan PVC. kabel ini sangat elastis dan sering di gunakan pada instalasi rumah karena banyak kelokan jadi mudah saat merangkainya. 

kabel ini rentan dengan korosi dan gigitan tikus karena lapisan PVC yang 1 lapis dan juga konduktornya terbuat dari tembaga campuran.

5. Kabel Listrik NYBY/NYFGBY
Jenis kabel NYBY/NYFGBY memiliki kekuatan di isolatornya jadi tahan dalam tanah dan outdoor lainnya. saking bagusnya lapisan isolator PVC nya kabel jenis ini jika di tanam dalam tanah tak perlu pelindung tambahan lagi.

6. Kabel Listrik NYCY
Jika anda ingin mencari kabel yang tahan berbagai cuaca gunakan kabel NYCY kabel ini memiliki lapisan penghantar konsentris yang tahan terhadap cuaca.

6. Kabel Listrik BC
jika penjelasan jenis jenis kabel di atas kebanyakan menguatkan pada isolatornya namun beda dengan jenis kabel BC ini memiliki ulir konduktor yang unik yakni dengan dililit jadi kabel akan kuat tahan tarik jadi tidak mudah putus. pada umumnya kabel BC berukuran besar dan sering di gunakan untuk ground petir/ penangkal petir


selain kabel BC masih banyak kabel yang memiliki karakterristik yang sama kuat tahan lama dan sering di gunakan sebagai penangkal petir yakni kabel AAAC, ACSR, dan ACAR, semua jenis jenis kabel ini memiliki konduktor yang besar dan dililit biasa terbuat dari tembaga dan campuran alumunium.

7. Kabel Listrik NYMHY/NYYHY
Kabel ini sama dengan kabel NYM di atas namun yang membedakan yakni konduktornya serabut tidak tunggal sangat cocok di gunakan untuk instalasi rumah tangga dan di gunakan juga untuk kabel perabotan rumah tangga seperti rice cooker, kabel blender dan lain lain.

Kabel jenis ini tidak tahan dengan tegangan besar maxsimal 900watt saja jika lebih dan di gunakan terus menerus seperti untuk lampu kami sarankan menggunakan kebel konduktor tunggal seperti NYM meskipun harganya mahal namun awet.

Cukup sekian artikel tentang jenis jenis kabel dengan fungsi nya sekalian semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda untuk memilih kabel sebelum membeli jadi kan enak kalau tau fungsi nya sekian salam hobby elektronika

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 7 Jenis Jenis Kabel listrik Beserta kegunaannya