4 Cara Menyambung Kabel NYA Dengan Benar

Tempatnya para hobies elektronika mencari inspirasi

4 Cara Menyambung Kabel NYA Dengan Benar

Menyambung kabel merupakan hal yang sepele dan gampang namun kebanyakan orang salah dalam melakukannya bukan asal nyambung. menggabungkan kabel pada elektrodanya harus benar agar resistannya tidak terlalu tinggi dan arus yang mengalir bagus. teknik menyambung kabel yang akan kami bagikan yakni untuk kabel NYA.

Sebelum memulainya kai akan mengenalkan sedikit apa itu kabel NYA? Kabel NYA adalah kabel yang memiliki elektroda atau kawat 1 dengan ukuran 1.5 mm ada juga yang 2.5 mm serta memiliki isolator atau pembungkus 1 lapis saja terbuat dari PVC. untuk menyambung kabel NYA susah jika tidak menggunakan cara yang benar karena kabel NYA kaku jadi bisa bisa kurang menempel ke kabel satunya.

Banyak sekali jenis jenis kabel sepeti NYA, NYM, NYY, NYAF dan masih banyak lagi namun yang paling sering di gunakan pada instalasi rumahan yakni kabel NYA karena kualitasnya medium dan harga nya lumyan murah maka dari itu anda harus bisa teknik menyambung kabel NYA tersebut. untuk caranya akan bagikan 4 cara.

4 Cara Menyambung Kabel NYA

  • Teknik Sambungan ekor babi (Pig Tail), cara menyambung ini paling sering di gunakan caranya yakni kupas kabel sekitar 2 sampai 3 cm lalu tempelkan keduanya menghadap 1 arah namun menyilang kemudian putar ujungnya hingga beberapa kali sehingga kabel akan menyatu dengan kuat langkah terakhir dengan kupasan kabel tekuk kembali hingga menempel ke kulit kabel kemudian solasi jika bingung ikuti gambar di bawah ini
  • Teknik Sambungan bell hangers, Jika anda ingin menyambung kabel outdoor atau luar ruangan yang biasa kabelnya akan menggantung di udara bisa gunakan teknik ini sangat kuat karena kabel seperti berpegangan cara menyambung kabelnya yakni kpas terlebih dahulu kabel kisaran 2 sampai 3 cm kemudian hubungkan kawat kabel dengan berhadapan, putar kawat kabel mengelilingi kawat kabel satunya lakukan secara bergantian jadi sambungan seakan akan berpegangan.
  • Teknik Sambungan Western Union, cara ini di gunakan untuk jumper sambungan ke aliran listrik baru cara ini jarang di gunakan karena tidak terlalu kuat lebih baik potong ke 3 kabel tersebut dan sambung semua. jika ingin melakukan cara ini pertama kupas lapisan kabel utama sekitar 1 cm kumudian kupas lagi kabel yang satunya sekitar 2 cm lilitkan kebel yang di kupas 2 cm tersebut ke kabel satunya maka sambungan akan menjadi 3 jalur.
  • Teknik Sambungan Britania, cara menyambung kabel dengan cara ini jarang di lakukan karena sangat sulit dan harus memiliki ketrampilan namun sangat kuat sambungan ini biasanya di lakukan pada kabel besar dengan alat yang memadai seperti tang dan lain lain caranya hampur sama dengan teknik bell hangers namun lebih rapat dan menyatu kuat ikuti gambar di bawah ini jika mau menyambung.
Masih banyak teknik menyambung kabel lainnya yang belum sempat kami tulis semoga 4 cara menyambung kabel ini cudah mencukupi kebutuhan anda dan semoga bermanfaat. terima kasih sudah berkunjung.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 4 Cara Menyambung Kabel NYA Dengan Benar