Rangkaian alarm sentuh

Rangkaian alarm sentuh

Rangkaian alarm sentuh - alarm sentuh sering di buat pengaman karena ini merupakan jenis sensor sensitif, alarm sentuh ini sering di gunakan pada pegaman sepeda motor, pintu rumah dan dan untuk menyalakan lampu. banyak sekali jenis rangkaian alarm sentuh ada yang menggunakan ic 555 atau menggunakan flat metal.

Untuk cara membuatnya cukup mudah tinggal ikuti rangkaian di bawah ini jika kalian bingung cara membuatnya bisa tanyakan di komentar atau inbox ke kami.

Rangkaian alarm sentuh


Cara kerja :
Ketika flat metal dari rangkaian disentuh maka akan mengaktifkan relay ( RL1 ) yang bisa dihubungkan dengan lampu atau bisa juga perangkat elektrik lainnya. LED1 sebagai lampu indikator, IC yang digunakan adalah IC4001.

Di kendaraan roda dua sekarang sering menggunakan alarm sentuh di bagian standard jadi jika standard belum naik motor tidak dapat di start prinsip ini mirip dengan rangkaian alarm sentuh di atas.

Demikian sedikit informasi mengenai cara membuat alarm sentuh. Semoga informasi tadi dapat memberikan manfaat dan juga inspirasi khususnya bagi para pembaca setia Hobby elektronika

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Rangkaian alarm sentuh