LENGKAP!!! Pengertian Daya Listrik dan Rumus untuk Menghitung Daya listrik

Tempatnya para hobies elektronika mencari inspirasi

LENGKAP!!! Pengertian Daya Listrik dan Rumus untuk Menghitung Daya listrik

Selamat datang kembali di blog kesayangan hobby elektronika kali ini saya akan berbagi tentang Pengertian Daya Listrik dan Rumus untuk Menghitung Daya listrik di kehidupan sehari hari daya listrik atau yang biasa kita sebut Elektrical power dalam bahasa inggris ini memiliki pengertian jumlah energi yang diserap atau dihasilkan dalam sebuah sirkuit/rangkaian elektronika.

Misalnya dalam rumah anda memiliki meteran listrik 450 Watt maka beban listrik seperti lampu TV kulkas dan lain lain jika di nyalakan semua hanya mampu menampung daya 450 watt jika pada rumah anda dan jika ada lebihnya maka meteran listrik akan OFF dengan kata lain Daya listrik adalah tingkat konsumsi energi dalam sebuah sirkuit atau rangkaian listrik. dari situ kita dapat menghitung berapa sih daya listrik yang kita butuhkan dalam sebuah rumah atau rangkaian listrik?

Daya listrik sebenarnya berbanding lurus dengan beban yang di gunakan semakin tinggi daya listrik maka semakin tinggi juga beban yang mampu di nyalakan sama halnya seperti konsep usaha dalam kehidupan sehari hari.

Rumus untuk Menghitung Daya listrik

Untuk menghitung daya listrik yang di butuhkan pada suatu rangkaian kita akan menggunakan rumus daya listrik sebagai berikut:
P = V x I

Atau

P = I2R

P = V2/R
Di mana pada rumus di atas dapat di jabarkan sebagai berikut:
  • P = Daya Listrik dengan satuan Watt (W)
  • V = Tegangan Listrik dengan Satuan Volt (V)
  • I = Arus Listrik dengan satuan Ampere (A)
  • R = Hambatan dengan satuan Ohm (Ω)
Pengertian Daya Listrik dan Rumus untuk Menghitung Daya listrik
Pada pelajaran sekolah kita di ajari satuan daya listrik dan kita biasanya suruh menghafalnya, nah... di sinu berguna untuk menghitung daya listrik pada rangkaian sekarang agar mempermudah. untuk satuan turunan watt jika kalian lupa maka sebagai berikut yang sering kita temui:
  • 1 miliWatt  = 0,001 Watt
  • 1 kiloWatt = 1.000 Watt
  • 1 MegaWatt = 1.000.000 Watt
Contoh menghitung daya listrik sebuah TV

jika anda memiliki TV dengan tegangan 220V dan arus listrik sebesar 2 ampere berapa daya listrik yang di butuhkan untuk menyalakan TV tersebut? maka kita akan menggunakan rumus P=VxI jadi

P = 220V x 2A P = 440 Watt
jadi daya listrik yang di konsumsi untuk menyalakan TV adalah 440 Watt

Dalam kasus lain jika di ketahui seperti berikut tegangan TV tetap 220V namun yang di ketahui nya resistan nya yakni 200Ω maka berapa daya yang di perlukan? untuk menghitungnya kita akan menggunakan rumus daya P = V2/R jadi

P = 220200
P = 48400 / 200  P = 242 Watt
Untuk kasus kasus lain bisa anda kembangkan sendiri saya rasa sudah cukup untuk artikel Pengertian Daya Listrik dan Rumus untuk Menghitung Daya listrik ini semoda bermanfaat bagi anda dan menambah wawasan. Hampir semua peralatan listrik menggunakan Watt sebagai satuan konsumsi daya listrik.Namun ada juga yang menggunakan satuan Horsepower (hp). Dalam Konversinya, 1 hp = 746 watt.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : LENGKAP!!! Pengertian Daya Listrik dan Rumus untuk Menghitung Daya listrik