Cara Menyambung Seri dan Pararel Speaker Dengan Benar

Cara Menyambung Seri dan Pararel Speaker Dengan Benar

Cara Menyambung Seri dan Pararel Speaker Dengan Benar - Jika sobat menyambung speaker lebih dari satu perlu di perhatikan ukuran watt speaker dengan daya yang masuk di speaker apakah perlu di sambung secara seri atau pararel Banyak teman teman hobby elektronika yang masih bingung dengan cara menyambung speaker mungkin yang mereka bingungkan cara menghitung daya speaker sebenernya cukup mudah kita tinggal mengetahui berapa power amplifier kita dan berapa watt speaker kita untuk penjelasan lebih rincinya bisa kita bahas di bawah.

Pada dasarnya speaker mempunyai daya dan impedansi. Selain daya total speaker (P) yang harus anda perhatikan, impedansi secara keseluruhan / total speaker (Z) juga harus anda perhatikan juga. Khususnya untuk low impedansi (speaker tanpa matching trafo). Untuk speaker high impedansi (speaker pakai matching trafo), impedansi tidak diperlukan, cukup daya total (P) saja yang anda perhatikan.
Cara Menyambung Seri dan Pararel Speaker sebenarnya hanya untuk memperoleh impedansi total yang kita inginkan nah... untuk itu kita bisa melakukannya dengan 3 cara menyambung speaker yakni:
  1. Sambungan speaker secara seri
  2. sambungan speaker secara pararel
  3. dan sambungan speaker secara seri-pararel
Saya akan membahas ke 3 cara di atas secara rinci di bawah ini agar kalian tidak bingung lagi bahasan di bawah juga di lengkapi dengan cara menghitung daya yang di butuhkan agar seimbang dan speaker memiliki suara yang mantap

1. Sambungan seri speaker
sambungan seri pada speaker
Untuk menghitung jumlah impedansi total pada speaker sambungan seri cukup mudah anda tinggal menjumlahkan saja resistan ke dua speaker misal speaker 1 resistanya 5 ohm dan speaker 2 resistannya 5 ohm maka
Z (Impedansi total) = 5 ohm + 5 ohm = 10 ohm
dan untuk menghitung Daya total anda juga tinggal menjumlahkan berapa watt kedua speaker tersebut misal speaker satu 15 watt dan speaker dua 15 watt maka daya totalnya
P(daya total) = 15 watt + 15 watt = 30 watt

2. Sambungan Pararel speaker
Sambungan Pararel speaker
Pada sambungan pararel speaker untuk menghitung impedansi total dan daya total sedikit berbeda di banding pada rangkaian seri untuk menghitung impedansi total dengan daya speaker sama misal seperti contoh gambar di atas kita maka resistan di bagi jumlah speaker:
Z (impedansi total) = 8 ohm : 2 = 4ohm
dan untuk menghitung jumlah daya yang di butuhkan maka caranya sama dengan rangkaian speaker seri di atas tinggal jumlahkan saja.

3. Sambungan Seri-Pararel speaker
Untuk sambungan seri-pararel kita harus menghitung satu satu untuk menemukan imedansi total karena pada dasarnya rangkaian ini gabungan dari 2 cara di atas yakni seri dan pararel. anda harus menghitung dulu impedansi pada rangkaian seri seperti cara pada gambar di atas. Diharapkan setelah membaca artikel ini tentang mengetahui total impedansi speaker, maka tidak terjadi salah pasang sambungan speaker lagi baik di seri atau di paralel yang dapat merusak amplifier.


Pada Prinsip dasarnya adalah impedansi output amplifier < = impedansi speaker. Maksudnya adalah impedansi output amplifier lebih kecil atau sama dengan impedansi speaker. Artinya impedansi speaker tidak boleh lebih kecil dari impedansi amplifier. Minimal sama atau lebih besar.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menyambung Seri dan Pararel Speaker Dengan Benar