Cara Modifikasi Amplifier Rakitan Menambah Bass Makin Jozzz

Tempatnya para hobies elektronika mencari inspirasi

Cara Modifikasi Amplifier Rakitan Menambah Bass Makin Jozzz

Selamat datang kembali di hobbi elektronika jika artikel sebelumnya kami membahas tentang kapasitor namun di artikel ini kami akan berbagi cara modifikasi amplifier agar bass makin mantap jika kalian memiliki speaker namun suara bass nya kurang dub dub bisa coba cara ini. pada dasarnya tips ini hanya modifikasi amplifier nya saja agar performanya makin meningkat.

Untuk meningkatkan suara bass power amplifier ini hanya berlaku pada Rangkaian powe blazer, OCL, morales serta amplifier simetrik lainnya. Kami memiliki 2 cara agar suara basskalian meningkat berikut simak cara caranya:
Cara Modifikasi Amplifier Rakitan Menambah Bass Makin Jozzz
1. Untuk cara pertama ini masih tergolong mudah dengan menambah watt pada amplifier kalian agar suara bass makin meningkat. untuk meningkatkan watt pada amplifier kita hanya perlu menaikkan tegangan pada power supply amplifier tersebut. contohnya pada amplifier kalian memiliki rangkaian dengan power supply +47V , CT, -47V dari situ maka akan keluar daya 250 watt RMS di setiap pasang transistor nya. Sedangkan untuk Catu dayanya +32V, CT, -32V pada power OCL. maka gunakan transformator dengan arus setengah nya dari tegangan sekunder contohnya dengan arus nominal 15 ampere namun speakernya harus di bawah 15 inch.

2. Di cara kedua ini kita akan mencoba dengan cara me modifikasi amplifier rakitan agan suara bass sesuai keinginan cara modifikasinya adalah dengan menggunakan minimal 2 rail transistor di mana setiap 1 rail = satu pasang di sini akan membuat ringan kerja transistor serta membantu mengurangi panas pada amplifier itu sendiri.

Untuk mendapatkan suara bass yang sesuai keinginan lebih baik gunakan speaker dengan ukuran 12 inch untuk bass utama di kombinasikan dengan sepeaker 15 inch sebagai mid bass dan untuk membantu gitas bass saya jamin dari situ kita akan menambah suara bass makin mantap. speaker di atas hanya sebagai contoh jika amplifier anda sesuai dengan spesifikasi di atas juga.

Untuk sekedar sharing saja pengalaman untuk transistor sanken memiliki karakter bass yang empuk namun suara bass itu sendiri tidak bisa jauh, namun suara bass nya akan di situ situ saja. power blazer memang di nilai memiliki gain yang begitu rendah dan juga transistor transistor besar memiliki gain atau penguat yang rendah juga maka dari itu suara bass nya lemah.

Untuk mengatasi masalah di atas bisa kita gunakan rangkaian kit tambahan untuk menaikkan gain tersebut caranya cukup mudah pasang saja master mixer ataupun giga bass yang mampu di pasang di input blazer. untuk memasangnya usahakan pada kit anda memiliki catu daya yang simetrik misalnya +12V CT -12V, Hal ini hanya untuk mencegah signal transien berlebih pada saat power amplifier kalian di hidupkan.

Perlu di ingat juga untuk menaikkan kekuatan bass berlebihan dapat mengakibaikan getarasn atau noise pada suara speakernya lebih baik cara modifikasi amplifiernya pas saja sesuai kebutuhan dan kekuatan dari amplifier dan speakernya harus berimbang. sekian artikel ini saya tulis semoga bermanfaat dan speaker bass kalian makin mantap.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Modifikasi Amplifier Rakitan Menambah Bass Makin Jozzz