Cara merakit power amplifier 2000 watt untuk sound system lapangan

Cara merakit power amplifier 2000 watt untuk sound system lapangan

Cara merakit power amplifier 2000 watt untuk sound system lapangan - Selamat datang kembali di wesite kesayangan ini Hobbi Elektronika klai ini kami akan berbagi tentang cara merakit power amplifier agar dapat membantu kalian untuk speaker di rumah atau untuk acara seperti pernikahan, orkes panggung, pengajian yang membutuhkan sound system lapangan ini pada dasarnya merakit amplifier tidaklah sulit nanti kita tunjukkan di bawah.

Power amplifier memiliki kelas mulai dari kecil yakni 150 watt 200 watt sampai 500 watt sedangkan untuk ukuran sedang di mulai dari 500 watt sampai 1200 watt dan ukuran power amplifier besar atau daya tinggi bisa di mulai dari 1500 watt 2000 watt sampai bahkan ada yang 5000 watt ini yang super power sound system kali ini kami akan memberikan cara merakit amplifier 2000 watt untuk kalian yang ingin membuat sound system lapangan daya segitu sudah cukup untuk kelas acara pernikahan RT sampai RW.

Bahan-bahan yang diperlukan dalam perakitan power antara lain:

  • Kit power yiroshi untuk chanel 1 
  • Kit power axl untuk chanel 2
  • Travo merk belt 30A 45vac
  • Dioda Kiprok 50A 2 buah 
  • Kipas dc 12v 2 buah
  • Transistor final sanken 10 set/5 set perchanel 
  • Pendingin aluminium,semakin tebal makin bagus 
  • Elco 10.000mf/100v 8 buah 
  • Box power amplifier merk thunder.
Sebelum memulai anda pelajari dulu skema amplifier 2000 watt di bawah ini agar tidak bingung saat merangkainnya:

Cara merakit power amplifier 2000 watt untuk sound system lapangan

Langkah Langkah membuat amplifier untuk sound system lapangan:

  1. Pasang transistor final pada pendingin aluminium dan beri isolator agar tidak konslet teliti kembali isolatornya
  2. Kemudian hubungkan dengan driver power.Tetapi sebelum dihubungkan ke driver power cek dahulu kaki-kaki transistor jangan sampai terbalik pemasangannya.
  3. Untuk memparalel transistor final merk Sanken pada kaki basis setiap transistor beri tahanan resistor ukuran 10 ohm 1/2 Watt,agar membagi tegangan yang masuk pada masing-masing transistor agar sama rata.
  4. Usahakan kabel antara driver/kit power dengan transistor final sependek mungkin, agar transistor final mendapatkan arus sempurna dari power. 
  5. Setelah itu kita hubungkan output dari power supply tadi dengan driver power,anda perlu perhatikan agarcpolaritasnya tidak terbalik 
  6. Pada bagian power supplynya saya pasang dioda kiprok 2 buah karena dioda kiprok didaerah saya banyak yang abal-abal jadi demi keamanan saya coba paralel 2 buah biar lebih awet.,cara masangnya tinggal kita paralel saja.

Setelah langkah ke tujuh tadi anda bisa langsung mencobanya pada speaker anda. pada rangkaian di atas merupakan rakitan power amplifier yang suaranya pas pas an saja tapi sudah bisa untuk di sewakan ke kondangan tidak akan kalah dengan power amplifier yang harganya mahal bisa di adu hadap hadapan.


rakitan power amplifier 2000 watt di atas mampu memaksimalkan speaker 18" sebanyak 2 buah sangat cocok untuk sound system lapangan. selain itu hasil suara dari speaker tersebut bebas dari dengung dan nois sangat nyaman di dengarkan, bagi teman teman yang baru merakit power amplifier saya sarankan untuk merakit power amplifier yang kecil terlebih dahulu jika berhasil dan suaranya jernih bisa mencoba kelas menengah dan ke atas.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara merakit power amplifier 2000 watt untuk sound system lapangan