cara membuat listrik tenaga surya mini

Tempatnya para hobies elektronika mencari inspirasi

cara membuat listrik tenaga surya mini



Perkembangan listrik semakin maju sesuai perkembangan zaman selain listrik tenaga air dan batubara yang populer kali ini banyak yang mencoba listrik tenaga surya atau matahari banyak sekali peminatnya mulai dari yang mini untuk lampu emergancy lampu jalan bahkan yang full sebagai kebutuhan rumah. Cara membuat listrik tenaga surya juga cukup mudah jika kalian tidak bisa membuatnya banyak sekali jasa yang menyediakan ini.

Bagi kalian yang bertanya tanya bagaimana membuat listrik tenaga surya? apasaja bahan dan alatnya? nah kali ini kami akan membagikan semuanya namun yang mini nanti kalian bisa kembangkan sendiri sesuai kebutuhan kalian. Panel surya atau biasa di sebut solar cell dapat kita beli di toko elektronik terdekat karena banyak sekali permintaan akan panel surya.

Pada dasarnya panel surya buatan pabrik terbuat dari material silicon yang diproses dengan teknologi tinggi sehingga menghasilkan energi besar. Nmun kali ini kita akan membuatnya sendiri dengan bahan dasar cuprous oxide yang banyak dijual di toko besi.bahan tersebut dapat membuat tenaga surya menjadi energi listrik langsung saja kita cari bahan bahannya sebagai berikut:

  1. Lembaran tembaga mengkilat (1 lembar)
  2. Capit buaya (2 buah)
  3. Air keran setinggi separuh botol plastik.
  4. Micro ammeter (1 buah) Alat ini berfungsi membaca arus listrik antara 10-50 micro Amper.
  5. kompor listrik (1 buah)
  6. Gunting (1 buah)
  7. Botol plastik bening yang dipotong bagian atasnya (1 buah)
  8. Garam meja (2 sdm)
  9. Ampelas atau sikat kawat (1 buah)
Setelah semua bahan di atas sudah siap baru kita akan membuat listrik tenaga surya mini dengan mengikuti langkah langkah di bawah ini

  • Langkah pertama adalah potong lembaran tembaga selebar luas pengapian kompor listrik Anda. ini penting agar pembakaran lembaran tembaga bisa merata dalam waktu bersamaan. Usahakan tidak ada minyak atau lemak yang menempel pada lembaran tembaga tersebut agar tidak ada kotoran yang menghalangi cahaya matahari yang akan diserap lembaran tembaga tersebut. Gunakan sikat kawat atau ampelas untuk membersihkan kotoran yang menempel. Kemudian keringkan.
  • Selanjutnya persiapkan kompor listriknya untuk membakar lembaran tembaga. Tempatkan tembaga tersebut di atas kompor listrik dan panasi dengan voltase paling tinggi.
  • Bakar tembaga selama kurang lebih 30 menit hingga lembaran tembaga berwarna hitam gelap merata. Lapisan hitam gelap merata tersebut akan mengelupas selama proses pendinginan, sedangkan lapisan tipis tembaga tetap menempel.
  • Setelah kurang lebih 30 menit, matikan kompor listriknya. Biarkan tembaga berada di atas kompor untuk proses pendinginan secara alami. Jangan mendinginkan menggunakan alat bantu karena proses pendinginan terlalu cepat tidak bisa efektif dan tetap meninggalkan lapisan oksida hitam di lembaran tembaga. Biarkan lembaran tembaga dingin secara alami di udara terbuka.
Baca juga: Cara Membuat Rangkaian Seri Sederhana
  • Selama proses pendinginan, lapisan oksida hitam akan berkurang secara perlahan-lahan. Proses ini akan berlangsung kurang lebih selama 30 menit. Jadi Anda harus benar-benar bersabar sampai lembaran tembaga dingin sempurna.
  • Setelah lembaran tembaga dingin, cuci dan gosok dengan tangan pada air yang mengalir untuk membersihkan serbuk-serbuk hitam sisa pembakaran. Lakukan secara pelahan. Jangan merenggangkan atau menekuk lembaran tembaga karena bisa merusak lapisan merah oksida corpus hasil pembakaran tadi. Lapisan Oksida corpus tersebut yang menjadi bahan baku utama untuk menangkap energi matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik.
  • Siapkan lembaran tembaga kedua ukurannya selebar tembaga pertama. Tembaga kedua ini tidak usah dibakar.
  • Kemudian Masukkan tembaga pertama ke dalam botol plastik, tempelkan ke sisi plastik yang menghadap matahari. Tembaga kedua diletakkan berhadapan dengan tembaga pertama. Usahakan kedua tembaga tidak saling bersentuhan.
  • Siapkan air sebanyak setengah gelas plastik yang telah diaduk dua sendok garam meja. Masukkan air garam ke dalam botol plastik. Isi perlahan setinggi separuh botol plastik agar tidak mengenai capit buaya yang akan dipasang di ujung kedua tembaga.
  • Selanjutnya pasang capit buaya di ujung tembaga. Pasang kedua jepit buaya pada micro ampere. Pasang ujung kabel negatif pada tembaga pertama. Ujung kabel positif di tembaga kedua.
  •  Letakkan di bawah panas sinar matahari. Hitung energi yang dihasilkan solar sell sederhana Anda. Energinya bisa mencapai 33 micro Ampere hingga 50 micro Ampere. Energi listrik kecil ini bisa dipakai menghidupkan lampu 5 watt. Anda bisa memperbesar hasil output energi listrik dari tenaga surga dengan memperluas lembaran tembaga oksida corpus.
Nah jika percobaan kalian untuk cara membuat listrik tenaga surya di atas berhasil bisa kalian kembangkan sendiri sesuai dengan kebutuhan rumah sendiri tenaga surya atau solar cell sangat ramah lingkungan tidak menimbulkan polusi mak dari itu pabrikan terus mengembangkan agar bisa untuk masa depan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : cara membuat listrik tenaga surya mini

0 komentar:

Post a Comment