8 Jenis Jenis Kapasitor dan Fungsinya

Tempatnya para hobies elektronika mencari inspirasi

8 Jenis Jenis Kapasitor dan Fungsinya

Kami akan kembali membahas kapasor di artikel ini akan sedikit lebih spesifik yakni jenis jenis kapasitor dan fungsinya. Pada dasarnya kapasitor memiliki 2 jenis utama yakni kapasitor nilai tetap (fixed) dan kapasitor variabel pada kedua jenis kapasitor di atas masih di bagi lagi menjadi 8 jenis jenis kapasitor fixed memiliki 6 jenis ( 2 jenis bipolar dan 4 jenis nonpolar) dan kapasitor variabel memiliki 2 jenis dan memiliki fungsinya masing masing yang akan kami jelaskan di bawah nanti.

Kapasitor bisa di sebut juga Kondensator pengertian nya adalah Komponen Elektronika Pasif yang dapat menyimpan muatan listrik dalam waktu sementara dengan satuan kapasitansinya adalah Farad. Yang perlu di perhatiakan dalam pemasangan kapasitor adalah mengetahui jenisnya dahulu apakah non polar atau bipolar karena pada kapasitor bi polar pemasangannya tidak boleh terbalik karena tidak memiliki polaritas biayanya di tandai dengan kutub positif (+) dan negative (-). jika sobat bingung simbol simbol kapasitor pada suatu skema bisa lihat di bawah ini:
simbol-simbol-kapasitor
  • Jenis Jenis Kapasitor Fixed / nilai tetap

Kapasitor jenis ini tidak memiliki nilai yang tidak berubah dan rata rata berkapasitas kecil dan memilik 6 jenis yang sering kami temui di pasaran yakni:
  1. Kapasitor Keramik, kapasitor jenis ini memiliki bentuk kecil dan pipih meskipun kecil kapasitor keramik dapat di andalkan pada skema tegangan tinggi kapasitor jenis ini biasanya berwarna cokelat dan hijau Kapasitor keramik memiliki satuan yang sangat kecil biasanya di simbolkan dengan pF dan nF. selain memiliki keunggulan di atas kapasitor keramik juga sering di gunakakan sebagai elemen penentu frekuendi pada rangkaian AC dan RLC Osilator
  2. Kapasitor mika, Kapasitor jenis ini memiliki fleksibilitas dan stabilitas yang tinggi karena itu sering di gunakan pada pada rangkaian frekuensi rendah sampai tinggi jika di bandingkan dengan kapasitor keramik kapasitor mika memiliki nilai lebih kecil namun harganya lebih mahal
  3. Kapasitor Kertas, Kapasitor kertas merupakan kapasitor yang paling mudah di kenali karena bentuknya seperti kertas kapasitor kertas memiliki nilai sama kecilnya dengan kapasitor keramik 1 pF hingga 10 nF. sering di gunakan pada rangakaian radio frekuensi tinggi karena stabilitasnya.
  4. Kapasitor Polyester atau milar, Kapasitor polyester kurang bagus jika di gunakan pada audio frekuensi tinggi maka dari itu kapasitor polyester sering di gunakan pada rangkaian audio amplifier dan jenisnya karena memiliki frekuensi rendah.
  5. Kapasitor elektrolit atau Elko, merupakan kapasitor bipolar dan terbuat dari zat kimia yang di padatkan. kapasitor elko memiliki kegunaan sebagai multipurpose karena fungsi nya itu kapasitor elko hampir di gunakan hampir di setiap rangkaian bisa di gunakan sebagai filter atau catu selain itu kapasitor elko memiliki kapasitas yang tinggi antara 0.2uF sampai 20.000uF bahkan bisa lebih
  6. Kapasitor tantalum, merupakan salah satu kapasitor bipolar / memiliki polaritas sering di gunakan pada frekuensi rendah sampai tinggi karena memiliki nilai rata rata kapasitas yang terbatas.
jenis jenis kapasitor dan fungsi
  • Jenis jenis kapasitor variable (varco)

Varco merupakan kepanjangan dari VARIABLE CONDENSATOR yang di maksud variable di sini adalah nilai kapasitornya dapat di ubah ubah sesuai kebutuhan kapasitor jenis ini memiliki kontrol mekanik sebagai tuas untuk menentukan kapasitas yang kita inginkan pada dasarnya kapasitor variable memiliki nilai yang rendah tidak lebih dari 500 pF. kapasitor jenis jenis variable di bagi menjadi 2 yaitu:
  1. Kapasitor Varco (variable condensator) fungsi kapasitor ini sering di gunakan pada RF contohnya pada radio kapasitor varco memiliki tuas pengendali untuk kapasitasnya
  2. Kapasitor trimmer yang membedakan kapasitor trimmer dengan kapasitor varco terletak pada cara mengatur kapasitas jika trimmer memerlukan alat seperti obeng karena tidak memiliki tuas pengendali dan pengatur kapasitasnya pipih. trimmer terdiri dari 2 plat logam yang di balut dengan mika.
Saya kira sudah lengkap penjelasan tentang jenis jenis kapasitor da fungsinya jika ada salah ketik atau salah arti bika kalian komen di bawah agar segera saya perbaiki.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 8 Jenis Jenis Kapasitor dan Fungsinya