Cara Cepat dan mudah memperbaiki speaker yang rusak

Tempatnya para hobies elektronika mencari inspirasi

Cara Cepat dan mudah memperbaiki speaker yang rusak

Selamat datang kembali di blog kesayangan hobby elektronika kali ini saya kan membahas speaker tapi tidak merakit lagi terus terusan merakit nanti jadi kebanyakan hehehe. kali ini saya akan berbagi tips cara memperbaiki speaker yang rusak tapi kerusakan ringan seperti geber dan dan ada suara krek krek pada speaker tersebut.

Untuk pertama tama pastikan dahulu bahwa spul speaker tidak rusak atau putus dengan cara melihatnya atau menggunakan multitester. setelah kita yakin bahwa spul tidak putus maka kita cek suara geber krek kreknya dari mana, menurut pengalaman saya suara itu berasal dari daun speaker yang bergesekan atau posisi spul tidak di tengah tengah magnet cara mengeceknya cukup mudah tekan tekan tengah speaker atau daun speaker ke dalam dan rasakan atau dengarkan ada gesekan tidak dengan magnet nya.

Baca juga: Cara Merakit Speaker Aktif Full Bass

Jika terjadi gesekan maka itulah yang membuat bunyi tidak enak geber dan krek krek cara memperbaikinya sebenenya cukup mudah dengan menata ulang posisi spul kembali ke tengah tengah magnet sebelum kita mulai cara memperbaiki speaker yang rusak terlebih dahulu siapkan:

  • Bensin buat membersihkan sisa lem lama pada daun speaker
  • lem untuk merekatkan kembali daun speaker
  • kertas atau plastik untuk mengganjal spul agar tetap di tengah tengah magnet
Jika semua peralatan dah siap mari kita mulai memperbaiki speaker yang rusak:

  1. Bila speaker yang akan kita perbaiki adalah speaker yang berdiameter lebar, maka cara yang mudah adalah dengan membongkar spul-nya saja. Teteskan bensin pada lem yang melingkari spul speaker dengan daun speaker, lakukan hingga lem benar-benar lepas.
  2. Tapi sebelumnya tandai dulu posisi kedalaman spel speaker agar suara tidak berubah ingat yyaa biar suara tidak berubah hati hati, Setelah spul speaker sudah seperti lepas, masukkan kertas atau plastik pada sela antara spul dan magnet bagian tengahnya dan lakukan dengan tidak merubah posisi kedalaman spul speaker tadi.cara memperbaiki speaker yang rusak
  3. Jika sudah maka lem kembali tept ada bekas lem tadi jgan berubah nanti suara speaker tidak enak. setelah di lem tunggu beberapa menit dan pastikan lem benar benar kering lalu tekan tekan bagian tengah speakar utuk memastikan posisi spul tidak lagi gesekan dengan magnet jika dah aman maka memperbaiki speaker yang rusaknya sukses bisa di rakit kembali.

Untuk teman teman jika ingin memperbaiki speaker yang rusak dan relatif kecil misal diameter 8 inch ke bawah tidak perlu melepas spulnya Hanya melepas daun speaker lalu menekan tengah speaker sampai mentok ke bawah lalu lem kembali. ingit caranya hampir sama dengan di atas ersihkan bekas lem lama dahulu. sangat mudah memperbaiki speaker yang rusak suaranya geber atau krek krek terima kasih sudah berkunjung dan buka halaman kami lainnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Cepat dan mudah memperbaiki speaker yang rusak