Fungsi Trafo

Fungsi Trafo

Fungsi Trafo -  mungkin sobat hobbi elektronika yang baru mengerti elektronika selalu bertanya tanya APA SIH PENGERTIAN TRAFO? APA SIH FUNGSI TRAFO? Nah di sini kita akan membahas trafo hingga tuntas.

Trafo biasanya di sebut juga transformator yang sering di gunakan pada teknik elektronika menengah sampai yang Rangkaian sulit Pengertian trafo ialah suatu alat listrik yang dapat mengubah taraf suatu tegangan AC ke taraf yang lain. Maksud dari pengubah an taraf tersebut diantaranya seperti menurunkan Tegangan AC dari 220VAC ke 12 VAC ata pun menaikkan Tegangan dari 110VAC ke 220 VAC.  Transformator atau Trafo ini bekerja berdasarkan prinsip Induksi Elektromagnet dan hanya dapat bekerja pada tegangan yang berarus bolak balik (AC).

Dari pengertian di atas kita bisa tarik garis lurus untuk fungsi trafo itu sendiri yakni untuk memindahkan tenaga dari input ke output dengan varian tegangan yang berbeda tergantung kebutuhan. Pada sistem komunikasi transformator di gunakan pada rentang frekuensi audio sampai frekuensi radio dan vidio.
Fungsi Trafo

Banyak jenis trafo yang harus kita pahami yakni:

  1. Trafo step up atau step down yang berfungsi untuk menaikkan atau menurunkan tegangan pada suatu rangkaian
  2. Trafo Adaptor yang berfungsi untuk mengubah tegangan dari arus AC ke arus DC
  3. Trafo IF (frekuensi menengah) yang berfungsi untuk menguatkan frekuensi menengah pada radio penerima
  4. Trafo OT (out put) yang di gunakan tntuk menguatkan recaiver dan perangkat audio atau audio visual
Yang perlu diperhatiakan lagi kita harus paham lambang trafo pada rangkaian biasanya di lambangkan IT (input trafo) dan OT (output trafo). amati juga pada setiap trafo memiliki 2 gulungan yakni gulungan primer yang berfungsi mengalirkan tegangan dan gulungan sekunder sebagai output tegangan.

Saya rasa sudah cukup jelas fungsi trafo di atas semoga bermanfaat untuk kalian semua dan berhati hati dengan tegangan listrik demi keselamatan anda semua semoga bertemu lagi di artikel kami selanjutnya terima kasih

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Fungsi Trafo

0 komentar:

Post a Comment