Cara Mengetahui Kerusakan Rangkaian Lampu TL

Tempatnya para hobies elektronika mencari inspirasi

Cara Mengetahui Kerusakan Rangkaian Lampu TL

Cara Mengetahui Kerusakan Rangkaian Lampu TL - Hampir setiap rumah menggunakan lampu  TL ini tapi penyebutan nya berbeda beda ada yang lampu neon panjang, lampu batang putih, dan lain lain sebenarnya nama aslinya (Flourescent Lamp). Mungkin sobat hobby elektronika masih ada yang belum paham cara kerjanya  mari kita ulas sedikit  Flourescent Lamp adalah lampu listrik yang memanfaatkan gas NEON dan lapisan Fluorescent sebagai pemendar cahaya pada saat dialiri arus listrik. Tabung lampu TL ini diisi oleh semacam gas yang pada saat elektrodanya mendapat tegangan tinggi gas ini akan terionisasi sehingga menyebabkan elektron-elektron pada gas tersebut bergerak dan memendarkan lapisan fluorescent pada lapisan tabung lampu TL.

Banyak sekali keunggulan lampu TL ini dari pada lampu bolamp lainnya salah satunya sangat hemat listrik, lebih murah, dan lebih terang selain itu lampu TL mudah di cari di toko-toko sekitar dengan variasi ukuran berbeda beda. Di sini kita akan membahas Cara Mengetahui Kerusakan Rangkaian Lampu TL banyak sekali yang tidak memanfaatkan hal ini sayang jika masih bisa di perbaiki kenapa harus di buang.
Cara Mengetahui Kerusakan Rangkaian Lampu TL
Pada dasarnya lampu TL ini memiliki 3 komponen utama yakni lampu TL itu sendiri, trafo ballast biasa & starter, kita harus terlebih dahulu memahami cara kerja dari setiap komponen tersebut agan mudah untuk mengetahui kerusakan pada rangkaian lampu LED TL tersebut:
  1. Lampu TL Putus Ini di tandai dengan starter tidak menyala sama sekali, lampu tidak menyala sama sekali saat arus terhubung & juga terdapat tanda hitam pekat pada salah satu atau kedua ujung lampu.
  2. Starter Rusak Ini di tandai dengan menyalanya dua ujung lampu dengan warna orange secara berterusan, starter tidak menyala sama sekali saat arus terhubung & juga terdapat warna hitam pekat pada starter itu sendiri yang menandakan starter sudah terbakar.
  3. Trafo Ballast Rusak Ini di tandai dengan lampu & starter tidak menyala sama sekali saat arus terhubung. Sobat hobby elektronika bisa mengeceknya dengan multitester arus yang masuk pada starter.
Dari ciri ciri di atas kita bisa mengetahui apa sebenarnya yang rusak dan mengganti komponen yang tepat tidak menebak kerusakan pada lampu TL tersebut. saya kira sudah cukup untuk artikel Cara Mengetahui Kerusakan Rangkaian Lampu TL sudah cukup jelas mudah dan cepat. sebelum memulai memperbaikinya perhatikan untuk mematikan sumber arus karena sangat berbahaya untuk keselamatan terima kasih sudah mampir semoga ketemu di artikel berikutnya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mengetahui Kerusakan Rangkaian Lampu TL