Tutorial Cara Pasang Speaker Aktif di Mobil Dengan Benar

Tutorial Cara Pasang Speaker Aktif di Mobil Dengan Benar

Cara pasang speaker aktif di mobil ini perlu Anda ketahui sebab sebagian orang merasa kurang puas dengan sistem audio yang telah ada dalam mobil. Mungkin juga termasuk Anda. Sebenarnya sound audio dalam mobil tergolong standar, namun bagi Anda yang menginginkan suara yang lebih mantap mungkin bisa mencoba untuk merakit speaker aktif  baru dan memasangnya dalam mobil untuk mengganti speaker aktif yang lama.

Komponen serta Peralatan yang Diperlukan

·         Head Unit
·         Power Amplifier Audio
·         Subwoofer
·         Obeng kembang
·         Tang potong
·         Selotip hitam
·         Pengupas kabel
·         Pembuka listrik
·         Kunci bintang
·         Kunci T insulox

Langkah Memasang Speaker Aktif

 

·         Sebelumnya carilah lokasi yang aman dari panas, yakni di bawah kursi jok mobil atau bisa juga di bagasi mobil.
·         Atur agar jarak kabel pada subwoofer amplifier berukuran pendek supaya lebih mudah dalam memasangnya.
·         Amplifier akan mengambil arus daya yang besar dari sumber listrik (accu mobil). Untuk itu pasang catu daya amplifier kabel ground pada chasis mobil.
·         Selanjutnya hubungkan kabel remote dengan head unit, kabel plus dengan accu.
·         Cara pasang speaker aktif di mobil, siapkan head unit lalu ikuti panduan cara pemasangan bodi kabel yang tertera pada bodi head unit.
·         Selanjutnya masukkan Output Audio dari head unit ke dalam power Amplifier Audio. Kemudian output dari power amplifier masuk ke dalam pintu speaker dan subwoofer.
·         Untuk menghasilkan kualitas suara yang lebih baik, lakukan setting pada power amplifier. Power amplifier memiliki 4 channel, yang terbagi menjadi dua bagian yakni dua Front speaker serta dua Rear speaker. Setting Front speaker  menggunakan HPF (high Pass Filter) atau ke suara treble lalu hubungkan dengan speaker Mid Range atau speaker standar yang terdapat di pintu. Berarti terdapat empat speaker pada masing-masing pintu mobil Anda. Karena hanya terdapat dua Output (R/L) maka 4 speaker diparalel menjadi dua channel.

Selanjutnya setting bagian Rear Speaker menggunakan LPF (Low Pass Filter) atau bada rendah. Lalu hubungkan output dari Rear speaker dengan speaker out woofer 12 inch Merk American Boss Double Coil. Double coil artinya bahwa sub woofer tersebut  memiliki dua jalur input.  
·         Speaker aktif  memiliki range impedansi 4 ~ 8 Ohm. Itu berarti apabila pada masing-masing coil memiliki input  maupun independen maka speaker akan  menjadi 8 ohm, namun jika dibuat paralel akan menjadi 4 ohm (kekuatan amplifier ke speaker lebih ringan dan power lebih besar).
·         Masih sehubungan dengan cara pasang speaker aktif di mobil, ketika posisi head unit off yaitu ketika Anda tidak sedang mendengarkan musik maka power Amplifier juga harus dibuat off. Caranya, perhatikan pada fitur head unit yang disebut remote. Remote difungsikan untuk mengoperasikan head unit dan power amplifier agar keduanya bisa selaras. Maka kabel remote power amplifier dihubungkan dengan power control yang terdapat pada head unit. Nah, ketika sudah terhubung maka ketika head unit dalam keadaan on, kabel tersebut akan mengirimkan sinyal listrik berdaya rendah yang berfungsi untuk memicu power amplifier agar ikut on.  
·         Selanjutnya memasang fuse/sekering dari accu mobil sebagai pengaman yang berkekuatan minimal 40 Ampere. Jarak antara kabel sekering dengan accu adalah 30 cm, jangan terlalu dekat dan usahakan jauh dari lokasi panas mesin..
·         Selanjutnya setelah seluruh kabel terpasang, ikat menggunakan insulox agar terlihat rapi.
·         Mengenai ukuran speaker usahakan memi8lih ukuran yang pas sehingga tidak mengganggu pintu mobil. Speaker dudukan sebaiknya dari bahan karet sedangkan jika Anda menggunakan subwoofer harap diletakkan di bagasi mobil, atau jika berjenis slim bisa Anda letakkan di bawah kursi mobil. 

Demikian cara pasang speaker aktif di mobil. Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tutorial Cara Pasang Speaker Aktif di Mobil Dengan Benar