Fungsi Alternator Mobil serta Pemeliharaannya

Fungsi Alternator Mobil serta Pemeliharaannya



Fungsi alternator pada mobil adalah sebagai sumber energi listrik sebesar 12 volt (mengisi setrum aki) dalam rangka memberi supply kebutuhan tenaga listrik pada mobil ketika mobil dalam keadaan hidup. Alternator juga sering disebut dinamo ampere.

Pengertian Alternator Mobil

Alternator mobil atau disebut juga dinamo ampere merupakan peralatan elektromagnetis yang merubah energi mekanik (energi gerak) menjadi energi listrik arus bolak-balik. Saat ini alternator mobil telah dilengkapi dengan IC regulator (voltage regulator) yang berguna untuk membatasi arus listrik yang mengalir menuju ke gulungan rotor. 



Fungsi alternator adalah untuk memberi supply listrik menuju ke Aki serta panel-panel lainnya seperti lampu, klakson, kipas pendingin mesin, wisper,  dan sebagainya saat mesin dihidupkan dengan cara mengubah tegangan AC ke DC. Dalam IC regulator juga terdapat sirkuit pengontrol lampu CHG yang ada di dashboard mobil. Alternator dilengkapi dengan dioda yang berfungsi untuk mengubah tegangan bolak-balik menjadi arus DC.

Ciri-Ciri Kerusakan Pada Alternator

ü  Ketika mesin mobil dihidupkan dalam keadaan lampu indikator Aki menyala, ini adalah pertanda bahwa alternator mobil Anda sedang bermasalah karena  tidak bisa menghasilkan listrik.
ü  Ketika mobil tidak bisa di starter padahal Anda telah mengganti Akinya. Hal ini akibat kurangnya tegangan output atau tegangan yang menurun saat pengisian alternator.
ü  Alternator menghasilkan suara bising. Ini akibat rumah bearing alternator rusak atau diode rectifier alternator putus.
ü  Ketika pada malam hari berkendara, lampu utama meredup secara tiba-tiba. Hal ini karena supply listrik dari alternator menurun.

Memperbaiki Kerusakan Pada Alternator

Sehubungan dengan fungsi alternator pada mobil, Anda harus selalu memperhatikan keadaan alternator secara rutin. Kondisi alternator yang sudah aus dan sudah tidak layak pakai akan mengakibatkan alternator mobil tidak dapat bekerja secara maksimal maka supply listrik menjadi terganggu dan akhirnya mobil menjadi sulit dihidupkan (di starter). 



Solusi untuk mengatasi masalah alternator adalah dengan membawanya ke bengkel untuk mendapatkan pemeliharaan (perawatan) sesuai dengan kerusakannya. Namun sesungguhnya Anda pun dapat mencoba untuk memperbaikinya sendiri dengan mengikuti tips berikut ini:
ü  Cek rumah bearing alternator dengan cara memutar pulley alternator menggunakan dinamo tester.
ü  Bongkarlah komponen yang ada di dalam alternator menggunakan peralatan yang sesuai prosedur. Lakukan secara hati-hati.
ü  Bersihkan komponen alternator, selanjutnya lakukan pengukuran serta pemeriksaan.
ü  Periksalah rumah bearing, dan jika terdapat kerusakan misalnya retak atau pecah Anda harus segera melakukan penggantian dengan rumah bearing yang baru. Pada saat memasang rumah bearing serta dudukan, lakukan secara hati-hati. Pastikan pemasangan yang pas dan sesuai agar tidak longgar.
ü  Periksalah fisik brush serta lakukan pengukuran panjangnya pada regulator. Apabila panjangnya sudah berada di bawah batas minimum (4 mm) maka gantilah dengan regulator yang baru. 

ü  Ukurlah diameter slip ring rotor alternator. Apabila diameter slip ring kurang dari 12,5 mm (batas minimal), maka gantilah rotor alternator dengan yang baru. Dan apabila terdapat kecacatan Anda bisa meratakan permukaan slip ring dengan cara dibubut.
ü  Ukurlah tahanan slip ring. Jika ukuran berada dibawah 1,5 – 4 ohm, bersihkan rotor lalu cek kebocoran pada gulungan rotor.
ü  Periksalah gulungan stator dari kebocoran atau kecacatan, dan selanjutnya ukurlah tahanan strator alternator (20 ohm). Apabila berada di luar batas ukuran minimum kemungkinan terdapat kebocoran pada gulungan.
ü  Pasang kembali rumah bearing secara hati-hati dengan menggunakan peralatan yang sesuai dengan ukuran bearing serta dudukannya.
ü  Setelah perakitan selesai, lakukan tes alternator dengan menggunakan dinamo tester.
ü  Terakhir, pasanglah kembali alternator mobil Anda.
Demikian mengenai fungsi alternator mobil serta pemeliharaannya. Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Fungsi Alternator Mobil serta Pemeliharaannya

0 komentar:

Post a Comment