Cara Merakit Amplifier Sendiri Dengan Mudah

Cara Merakit Amplifier Sendiri Dengan Mudah



Cara merakit amplifier sebenarnya cukup mudah karena saat ini telah telah tersedia komponen penting yakni Kit ampli yang bisa didapatkan di toko elektronik. Jadi Anda tidak perlu susah-susah untuk menggambar skema, menyablon PCB serta merakit komponen dasar. Biaya pun tak jauh beda jika Anda membeli Kit Ampli namun waktunya jauh lebih efektif.

Pengertian Amplifier

Amplifier merupakan perangkat penguat sinyal dengan daya tertentu, misalnya 100 watt, 150 watt, 200watt, dan sebagainya. Amplifier yang dipergunakan dalam ruangan, seperti mendengarkan musik sebenarnya cukup dengan amplifier berkekuatan 10watt, 30watt maupun 60watt. Namun Jika Anda ingin lebih mantap bisa menggunakan amplifier berkekuatan 100watt, 150watt atau 200watt. Sedangkan untuk penggunaan di luar ruangan seperti pentas seni atau konser musik kekuatan ampli bisa mencapai 1000watt – 2000watt atau lebih besar.


Merakit Amplifier 200watt Stereo

Bahan yang Dibutuhkan:
Kit Tone Kontrol
Kit Power 200watt + Headsink
Saklar Selector Input
Saklar on/off
Alco 6800uf/50v
Kiprox atau Dioda sejumlah 4 buah 6A
Out speaker
Transformator 5A
Kipas DC
Box Amplifier
Sekring dan Colokan AC
Kabel
Dioda Led
Timah solder
Sekrup dan Baut
Peralatan:
Obeng
Bor Listrik
Solder
Pinset
Tang
Gunting
Cutter

Cara Merakit


Sebelum menjelaskan cara merakit amplifier, Anda perlu membuat rangkaian power supply /adaptor CT terlebih dahulu. Aturlah posisi kit rangkaian dalam box lalu hubungkan kabel AC dengan kaki saklar serta transformator 0 – 220.

Hubungkan kedua kaki AC kiprox (dioda) ke kaki transformator.

Hubungkan Elco 6800uf/50v secara seri selanjutnya kaki (+) dihubungkan dengan kaki (+) kiprox (dioda), dan juga hubungkan pada kaki-kaki negatifnya. Kemudian hubungkan ground transformator dengan kedua kaki elco.

Nah, pembuatan power supply sudah selesai dan selanjutnya Anda akan mendapatkan tegangan simetris (+) (-) (0) yang berfungsi untuk mensupply Kit Power Ampli 200watt.

Langkah berikutnya adalah hubungkan power supply pada masing-masing kit rangkaian, hubungkan saja jalur input Audio Right (R), Left (L) serta Ground (G). Pin out selector dihubungkan dengan Pin input tone control, Pin out tone control dihubungkan dengan pin input power 200watt stereo, Pin out power 200 watt dihubungkan dengan konektor out ke speaker.

Selanjutnya tempatkan masing-masing kit pada box lalu gunakan baut supaya terlihat rapi.

Hubungkan ground dengan box ampilifier untuk mengurangi suara berisik, lalu lakukan tes untuk mengetahui apakah perangkat amplifier yang kita rakit sudah oke atau belum. Caranya: hubungkan input amplifier dengan sumber audio seperti radio, komputer, atau HP. Dengarkan sambil memutar volume ke kanan dan kiri untuk memastikan kestabilan suara. Selain itu atur juga balance, bass, treble, dan sebagainya. Pastikan juga agar tidak terdengar suara dengung atau berisik (noise) saat amplifier dinyalakan tanpa terhubung dengan sumber audio.  

Pastikan seluruh temperatur komponen dalam keadaan normal dan ukur juga jalur output speaker amplifier menggunakan multimeter VAC (0 volt) ketika tanpa sinyal serta saat tidak ada tegangan DC pada terminal output.

Setelah seluruhnya normal, hubungkan load speaker lalu berikan sinyal audio para amplifier tersebut.

Yang perlu Anda perhatikan dalam cara merakit amplifier adalah tata letak kit power amplifier terhadap transformator, power supply, kipas DC serta kit lainnya karena hal tersebut menentukan jalur kabel serta sirkulasi udara di dalam box.

Tranformator memancarkan gelombang elektromagnetik di area transformer, sedangkan kipas berfungsi mengatur sirkulasi udara untuk mencegah panas pada  komponen seperti transformator serta power amplifier.

Demikian cara merakit amplifier secara sederhana. Semoga bermanfaat.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Merakit Amplifier Sendiri Dengan Mudah

0 komentar:

Post a Comment