Cara membuat rangkaian seri sederhana

Cara membuat rangkaian seri sederhana

Rangkaian listrik terbagi menjadi 2 rangkaian dasar yakni rangkaian seri dan rangkaian pararel mungkin sobat sering mendengar istilah tersebut sewaktu sekolah ataupun di sekitar sobat dan untuk kali ini admin akan membahas tentang cara membuat rangkaian seri sederhana yang mungkin barang barangnya dapat anda temukan di sekitar anda

Namun sebelum langsung praktek mungkin beberapa dari sobat belum tau pengertian rangkaian seri itu sendiri. APA SIH YANG DI MAKSUD RANGKAIAN SERI ? Rangkaian seri adalah sebuah rangkaian listrik yang pada proses pemasangan nya dilakukan dengan cara berurutan yang mana nantinya besarnya daya yang akan diterima oleh setiap beban adalah sama besarnya. Pada dasarnya bisa dijelaskan bahwa sebuah rangkaian listrik dimana di setiap kabel dan beban atau komponen dipasang dengan cara sejajar dan juga berurutan. Penerapan metode rangkaian listrik seri ini sering  dipakai pada bangunan-bangunan dengan tegangan listrik yang berskala besar, misalnya adalah pada bangunan sekolah dan bangunan perkantoran.

Cara Membuat Rangkaian Listrik Seri Sederhana?

Kali ini admin hanya mencontohkan rangkaian listrik paling sederhana nanti sobat elektronika bisa mengembangkannya sendiri dan  selanjutnya akan saya buatkan tentang cara membuat rangkaian pararel sedikit agak rumit, pertama siapkan bahan untuk membuat rangkain seri yakni:
  1. Baterai: sebagai sumber arus listrik
  2. Saklar : untuk menghubungkan dan memutuskan arus listrik ke beban
  3. Kabel: sebagai penghubung arus listrik pada tiap rangkaian
  4. Lampu: sebagai beban atau komponen tujuan
Untuk menghubungkan menjadi sebuah rangkaian seri yang sempurna sobat bisa melihat gambar di bawah ini untuk lebih sempurnanya:
Cara Membuat Rangkaian Listrik Seri Sederhana


Mudah bukan cara membuat rangkaian serinya  admin kasih contoh satu lagi untuk membuat rangkaian seri pada baterai bisa di lihat di bawah ini:

Pada rangkaian baterai seri tersebut dapat di simpulkan bahwa setiap rangkaian seri hanya menghubungkan terminal positif baterai (+)ke terminal negatif baterai (-) dan tiap ujung baterai menuju ke beban atau saklar

Setelah anda memahami Cara Membuat Rangkaian ListrikSeri Sederhana, mudah-mudahan anda bisa mengaplikasikan teknik tersebut pada kehidupan sehari-hari, sehingga ilmu dibidang elektronika anda semakin terasah dan semakin baik apabila sering digunakan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara membuat rangkaian seri sederhana