Cara Mudah Membuat Setrum Ikan dengan CDI Motor

Tempatnya para hobies elektronika mencari inspirasi

Cara Mudah Membuat Setrum Ikan dengan CDI Motor




Memancing merupakan salah satu kegiatan yang menarik untuk digemari. Meskipun membutuhkan kesabaran yang tinggi, namun tidak mengurangi keinginan seseorang untuk pergi memancing. Ada banyak cara mudah untuk menangkap ikan, mulai dengan menggunakan kail pancing, hingga mengandalkan setrum ikan. Untuk Anda yang ingin belajar cara membuat setrum ikan dengan CDI motor, simak dan ikuti terus artikel dibawah ini.

Alat dan Bahan yang Diperlukan




Sebelum Anda mempelajari cara membuat setrum ikan dengan CDI motor lebih lanjut, ada baiknya jika Anda terlebih dahulu mengetahui cara kerja dari alat setrum ikan ini. Anda tidak perlu bingung, alat setrum ikan bisa Anda buat sendiri dengan menggunakan berbagai peralatan barang bekas yang bisa Anda temukan dengan mudah. Meskipun dibutuhkan sedikit keterampilan dan kesabaran, namun siapapun bisa membuatnya sendiri. Berikut adalah beberapa alat dan bahan yang Anda perlukan dalam membuat sebuah alat setrum ikan sederhana:

1.    2 buah accu 10 ampere hour.
2.    1 buah platina dengan CDI motor.
3.    1 buah inti besi lunak.
4.    1 gulung kawat tembaga.
5.    1 buah filter kondensator.
6.    1 buah switch On/Off.
7.    1 buah stik panjang.
8.    1 buah jaring ikan.

Setelah alat dan bahan tersebut sudah Anda siapkan semua, buatlah terlebih dulu skema dari rangkaian alat setrum ikan yang akan Anda buat. Dengan mengandalkan CDI motor, pembuatan alat setrum ini akan menjadi jauh lebih praktis, karena Anda bisa memonitor sendiri voltase dan frekuensi dari rangkaian yang sudah Anda buat.

Cara Membuatnya


Setelah skema dari rangkaian alat penyetrum listrik sudah terbuat, maka Anda bisa mengikuti cara membuat setrum ikan dengan CDI motor di bawah ini:

1.    Siapkan inti besi lunak, lapislah dengan menggunakan plastik mika.
2.    Gulung inti besi dengan menggunakan kawat tembaga dengan rapih, lapisi kembali inti besi dengan kertas semen bekas diatasnya.
3.    Gulung kembali kawat tembaga dan ulangilah proses ini sampai tiga lapis.
4.    Dua buah ujuang kawat yang ada akan dipakai sebagai terminal kumparan primer.
5.    Gulung kembali kawat tembaga di atas lilitan kumparan primer, buatlah kumparan sekunder sebanyak 6 lapis.
6.    Ukur tegangan yang bisa dihasilkan dengan menggunakan multimeter. Apabila dirasakan kurang, maka Anda bisa menambahkan kembali lilitan kumparan.
7.    Hubungkan kumparan dengan filter kondensator dan CDI. Pasanglah secara baik-baik dan erat agar kumparan tidak terlepas.
8.    Rangkai Accu secara paralel, lalu hubungkanlah accu dengan switch.
9.    Pasangkan switch pada tongkat stik, setelah itu hubungkanlah switch tersebut dengan CDI.
10.  Ikatlah jaring ikan pada bagian ujung dari stik, sehingga Anda bisa langsung mengangkat ikan yang sudah Anda setrum.

Dalam membuat alat setrum ikan ini, diperlukan ketelitian dalam pemasangannya. Hindari menggunakan accu dengan output yang terlalu besar, karena bisa merusak CDI. Perhatikan baik-baik saat semua komponen sudah terpasang, cobalah alat setrum terlebih dahulu di ruang terbuka dan jauh dari benda yang bisa terbakar. Hentikan penggunaan apabila tercium bau hangus atau terbakar. Untuk menghasilkan tegangan listrik yang optimal, Anda bisa menggunakan kawat tembaga untuk gulungan primer dengan diameter sebesar 0,6 mm dan diameter sebesar 0,9 mm untuk gulungan sekunder.

Dengan mengikuti cara membuat setrum ikan dengan CDI motor di atas, Anda juga jadi bisa sekaligus belajar mengenai prinsip elektronika secara mandiri dan tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk sekedar membeli alat penyetrum ikan yang dijual di toko-toko. Selamat mencoba!



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mudah Membuat Setrum Ikan dengan CDI Motor

0 komentar:

Post a Comment