Pelajari Instalasi Audio Mobil Berikut Ini Untuk Menghasilkan Sistem Audio Berkualitas Tinggi

Pelajari Instalasi Audio Mobil Berikut Ini Untuk Menghasilkan Sistem Audio Berkualitas Tinggi

Instalasi Audio Mobil—Sistem audio yang sangat baik memang memberikan kenyamanan tersendiri ketika mendengarkan musik saat berada di dalam kabin mobil. Oleh sebab itu, tidaklah mengherankan jika ada sebagian orang yang rela merogoh kocek lebih dalam, hanya untuk memasang sistem audio berkualitas pada mobil miliknya.

Untuk menghasilkan sebuah sistem audio mobil yang sangat bagus tidak hanya diperlukan komponen-komponen audio yang bagus saja, akan tetapi juga dibutuhkan sebuah sistem instalasi audio mobil yang tak kalah bagusnya.

Sistem instalasi sangatlah penting karena akan menjadi hal yang percuma jika komponen yang digunakan sudah bagus akan tetapi sistem instalasinya masih acak-acakan sehingga hasilnya tidak maksimal atau bahkan sama saja dengan sistem audio semula. Lantas bagaimana sebenarnya sistem instalasi yang baik tersebut? Simaklah panduannya berikut ini.

Sistem Intalasi Kabel Audio


Dalam sebuah sistem audio mobil, sistem instalasi kabel audio yang baik dan benar mutlak diperlukan. Pemasangan kabel yang sembarangan serta tidak sesuai dengan ukurannya bisa menyebabkan storing.

Oleh sebab itu sebaiknya gunakanlah kabel yang sesuai dengan peruntukannya dan juga sesuai dengan ukurannya. Jika ukuran kabel terlalu kecil, maka kemungkinan kabel terbakar dan konsleting sangat tinggi karena kabel tidak bisa menahan arus yang mengalir didalamnya. Sedangkan jika kabel terlalu besar, maka tahanan atau resistansi kabel menjadi terlalu tinggi sehingga arus tidak mengalir dengan sempurna, akibatnya timbul storing.

Untuk ukuran kabel sendiri, biasanya untuk ukuran kabel subwoofer adalah 12 AWG sedangkan untuk speaker adalah 18 AWG. Sedangkan khusus untuk instalasi kabel RCA maka usahakan kabel tidak berdekatan dengan kabel power yang tersambung ke ACCU dan juga kabel-kabel kelistrikan yang utama. Usahakan instalasi kabel selalu rapi untuk menghindari terjadinya konsleting.

Instalasi Speaker Mobil

Selain instalasi kabel pemasangan speaker juga haruslah tepat agar suara yang dihasilkan maksimal dan bisa terdengar di seluruh area kabin mobil. Jika speaker dipasang di pintu mobil, maka gunakanlah dudukan karet supaya speaker tetap berada ditempatnya sehingga speaker tidak jatuh baik saat pintu dibuka ataupun saat ditutup.



Jenis speaker yang bermacam-macam pun mempengaruhi sistem instalasinya. Untuk speaker dengan jenis 2 way misalnya, tweeter biasa berada di bagian dashboard kiri dan kanan sedangkan terminal crossover pasive diletakan dibawah jok dan berfungsi untuk pembagi jalur ke amplifier.
Untuk speaker 3 way yang terdiri dari midrange 4 inch, tweeter dan juga midbass 6 inch biasanya menggunakan tambahan dudukan yang terbuat dari fiber glass sehingga speaker tetap staging .

Instalasi Amplifier


Pemasangan amplifier haruslah disesuaikan dengan kebutuhan daya speaker itu sendiri karena amplifier berfungsi untuk menambahkan daya yang didapat dari head unit mobil. Ada beberapa macam amplifier diantaranya adalah amplifier 4 kanal kelas AB atau monoblok, amplifier 5 kanal dan lain sebagainya. Masing-masng jenis amplifier memiliki fungsi dan kelebihannya tersendiri, maka sesuaikan dengan speaker yang digunakan. Jika salah menggunakan amplifier maka hasilnya pun tidak akan pernah maksimal.

Instalasi Peredam Kendaraan

Terakhir adalah peradam suara. Peredam dibutuhkan untuk menghilangkan suara-suara yang berasal dari luar mobil yang dapat mengganggu suara yang muncul dari sistem audio mobil. Selain itu, peredam juga berguna untuk meredam hentakan dari subwoofer yang dapat menggetarkan bodi mobil. Peredam harus dipasang pada bagian lantai, interior dan juga pintu mobil.

Nah itulah instalasi audio mobil harus diperhatikan untuk menciptakan sistem atau tatanan audio yang berkualitas karena percuma saja jika komponen audionya sudah gahar akan tetapi sistem instalasinya acak-acakan, maka hasilnya pun akan acak-acakan pula. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pelajari Instalasi Audio Mobil Berikut Ini Untuk Menghasilkan Sistem Audio Berkualitas Tinggi

0 komentar:

Post a Comment