Langkah-Langkah Merakit Amplifier Dengan Mudah

Langkah-Langkah Merakit Amplifier Dengan Mudah

Sebetulnya cara merakit amplifier jika dimulai dari nol seperti dimulai dari merancang dan mendesain jalur elektronik, mencetak PCB hingga membuat box menjadi salah satu pekerjaan yang cukup merepotkan dan juga rumit. Apalagi jika anda baru saja mengenal dunia elektronika. Namun saat ini telah banyak toko-toko elektronika yang menjual berbagai macam kit power amplifier yang sudah jadi dan tinggal hanya dirakit saja.  Nah, untuk anda yang ingin mencoba untuk membuat amplifier sendiri, ada beberapa langkah yang harus anda lakukan seperti berikut ini.

Langkah Merakit Amplifier



Langkah-langkah yang harus anda lakukan ketika akan membuat amplifier sendiri adalah menyediakan berbagai macam komponen dan juga peralatan pendukungnya. Adapun komponen yang harus disediakan untuk merakit amplifier adalah sebagai berikut:
1.      Kit power 200 watt lengkap dengan heatsink untuk menyalurkan panas.
2.      Kit tone kontrol.
3.      Kipas DC.
4.      Saklar selector input
5.      Saklar on/off.
6.      Elco 6800 uF/50 volt
7.      Transformator 5 ampere.
8.      Kiprox atau dioda 6 ampere sebanyak 4 buah.
9.      Out speaker
10.  Sekring
11.  Kabel input AC
12.  Timah solder
13.  Box amplifier
14.  Dioda LED
15.  Baut atau sekrup
Adapun peralatan yang harus disiapkan adalah sebagai berikut
1.      Bor listrik
2.      Solder
3.      Tang
4.      Obeng
5.      Pinset
6.      Gunting
7.      Cutter
8.      Dan lain sebagainya disesuaikan dengan kebutuhan ketika membuat amplifier.

Cara Merakit Amplifier

Setelah semua alat dan juga komponen yang dibutuhkan tersedia, selanjutnya anda hanya tinggal merakit seluruh komponen tersebut hingga menjadi sebuah amplifier. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah atur letak masing-masing kit rangkaian elektronika tadi di dalam box.



Jika sudah diatur tata letaknya, maka selanjutnya adalah merakit adaptor AC atau power supply. Caranya hubungkan kaki saklar dan juga transformator 0 – 220 pada kabel AC. Selanjutnya hubungkan ke dua kaki AC kiprok atau dioda bridge pada trafo 24 volt. Selanjutnya hubungkan Elco 6800 uF/50 volt tadi secara seri dengan kaki positif dihubungkan pada kaki positif kiprox dan kaki negatif ke kaki negatif kiprox.

Kemudian ground pada trafo ( CT ) dihubungkan pada ke dua kaki elco tersebut sehingga akan didapat tegangan keluar simetris ( + ) ( - ) ( 0 ) yang akan mensupply kit power amplifier 200 watt tadi. setelah selesai merakit power supply, selanjutnya tinggal menghubungkan power supply tersebut pada masing-masing rangkaian kit. Hubungkan tegangan output tadi pada bagian input yang tertera pada masing-masing kit amplifier. Caranya sambungkan dengan menggunakan kabel dan solder pada masing-masing lubang input pada tiap-tiap kit.

Untuk menghubungkan jalur input audio yang terdiri dari Right ( R ), Left ( L ) dan juga Ground ( G ), caranya adalah hubungkan pin out selector pada pin input tone kontrol. Selanjutnya hubungkan pint out tone control pada pin input power amplifier 200 watt stereo. Terakhir, hubungkan pin out power amplifier 200 watt dengan konektor out untuk menuju speaker.

Tahap Penyelesaian

Pada tahap penyelesaian setelah semua terpasang dengan benar, tempatkan masing-masing kit tadi pada box amplifier dan baut agar rapi. Selanjutnya tes amplifier tersebut apakah sudah berfungsi atau belum dan jangan lupa pasang ground pada box serta hubungkan kipas DC dengan power supply.

Nah, jika amplifier sudah bisa berfungsi, maka anda telah sukses dalam merakit amplifier. Anda masih bisa memodifikasinya dengan menambahkan transistor TIP sebanyak 4 atau 8 buah agar menghasilkan amplifier yang lebih bagus.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Langkah-Langkah Merakit Amplifier Dengan Mudah

0 komentar:

Post a Comment