Cara Pasang Audio Mobil Dengan Mudah dan Dapat Dilakukan Sendiri di Rumah

Cara Pasang Audio Mobil Dengan Mudah dan Dapat Dilakukan Sendiri di Rumah

Cara Pasang Audio Mobil—Sebuah sistem audio yang memiliki kualitas baik memang menjadi sebuah hiburan tersendiri bagi anda ketika anda sedang berada di dalam kabin mobil. Oleh sebab itu tidaklah mengherankan jika banyak pemilik mobil yang rela merogoh kocek lebih dalam hanya untuk membuat sistem audio mobil yang berkualitas pada mobil kesayangannya.



Sebetulnya memasang audio mobil tidaklah terlalu sulit. Jika anda memang kebetulan memiliki waktu senggang anda bisa memasang sistem audio mobil  tersebut sendiri di garasi rumah anda. Dengan memasang sistem audio sendiri tentu akan lebih hemat karena anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk ongkos pasang. Anda hanya akan mengeluarkan biaya untuk membeli berbagai macam komponen audio yang dibutuhkan saja seperti stereo baru, amplifier, speaker dan head.

Dengan memasang sistem audio sendiri, anda juga bisa bereksperimen sendiri untuk menciptakan kualitas audio yang anda inginkan. Nah, oleh sebab itu bagi anda yang belum paham cara pasang audio mobil sendiri, anda bisa menyimak beberapa tips berikut ini.

Cara Pasang Amplifier

Pertama anda harus menentukan letak amplifier terlebih dahulu apakah berada di bawah kursi ataukah berada di bagasi. Ada baiknya memang amplifier diletakan di bawah kursi untuk menghemat penggunaan kabel. Selanjutnya hubungkan kabel plus dari amplifier ke accu dan  kabel ground ke bodi mobil, jangan lupa baut dengan sangat rigid. Agar terhindar dari karat sebaiknya amplas dahulu bagian bodi mobil.


Selanjutnya hubungkan kabel RCA pre out yang berasal dari head ke amplifier. Tarik kabel tersebut dan selipkan di bawah karpet mobil. Jangan sampai kabel RCA berdekatan dengan kabel positif tadi untuk mencegah storing. Jangan lupa juga untuk menghubungkan kabel remote head unit dengan amplifier. Fungsinya adalah untuk mematikan head unit ketika posisi off sehingga amplifier juga otomatis akan off.

Cara Pasang Speaker

Cara pasang speaker lebih mudah dibandingkan memasang amplifier. Jika menggunakan speaker split maka tentukan dahulu tempat untuk meletakan pasif crossover. Idealnya letaknya berada di bawah jok mobil agar mudah untuk memasang kabel speaker.

Selanjutnya hubungkan kabel midrange pada crossover kabel tweeter dan kabel input harus dikoneksikan dengan amplifier. Selipkan semua kabel di bawah jok agar tetap rapi. Anda juga bisa menggunakan insulox agar kabel tetap rapi.



Jika sudah, anda hanya tinggal mengoneksikan kabel speaker dengan amplifier yang ada pada jalur terminal front amplifier. Untuk memasang subwoofer, anda hanya tinggal menghubungkan kabel subwoofer dengan amplifier pada bagian terminal rear amplifier.
Sebaiknya letakan subwoofer pada bagasi mobil jika menggunakan subwoofer komponen, akan tetapi jika menggunakan subwoofer aktive slim sebaiknya letakan di bawah jok pengemudi untuk menciptakan nada rendah yang berada di depan pendengar.

Cara Memasang Head Unit

Terakhir adalah memasang head unit. Caranya cukup buka frame dashboard, lepaskan head unit dengan obeng dan cabut soket head unit dari tempatnya semula. Selanjutnya hubungkan kabel front speaker yang berwarna putih serta putih strip hitam dengan crossover pasif. Kemudian cukup hubungkan kabel kuning ke accu, merah ke acc, biru ke remote amplifier, dan kabel hitam ke bagian kutub negatif.


Anda selanjutnya tinggal menghubungkan kabel RCA Front dan Rear pada head unit untuk mengkoneksikannya dengan amplifier. Jika sudah selesai semua, agar susunan kabel lebih rapi, anda bisa membungkus semua kabel tersebut dengan solatif hitam ataupun menggunakan plastic tail dan menjepitnya dengan insulox.

Nah itulah cara pasang audio mobil yang bisa anda praktekan sendiri di garasi rumah anda. semoga membantu. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Pasang Audio Mobil Dengan Mudah dan Dapat Dilakukan Sendiri di Rumah

0 komentar:

Post a Comment