Rangkaian Hambatan Listrik Seri dan Paralel

Rangkaian Hambatan Listrik Seri dan Paralel


Rangkaian hambatan listrik seri dan paralel – Rangkaian hambatan pada listrik dibedakan menjadi dua macam yaitu rangkaian seri dan juga rangkaian listrik paralel. Rangkaian hambatan listrik ini tidak hanya mencakup hambatan pada resistor saja, namun hambatan pada semua peralatan listrik misalnya saja lampu, radio, televisi dan juga pada setrika listrik. Agar Anda lebih memahami tentang rangkaian hambatan listrik seri dan paralel, simak beberapa informasi tentang hambatan  listrik seri dan paralel berikut ini :

Pengertian

Hal pertama yang harus Anda ketahui tentang rangkaian hambatan listrik seri dan paralel adalah pengertiannya.  Hambatan listrik seri dan paralel memiliki pengertian yang berbeda. Pengertian dari rangkaian hambatan listrik seri adalah rangkaian dari hambatan listrik yang disusun dengan cara berurutan dan juga segaris. Sehingga arus listrik pada rangkaian hambatan listrik seri tersebut sejalur. Besarnya arus listrik dan kuatnya arus tersebut pada setiap titik tegangan adalah sama. Sebelum rangkaian hambatan listrik secara paralel belum banyak digunakan, rangkaian listrik secara seri ini banyak digunakan di pedesaan. Sehingga jika ada satu arus listrik terputus, maka aliran listrik lainnya juga terputus sebab sejalur.



Rangkaian hambatan listrik paralel merupakan rangkaian listrik yang disusun dengan cara berdampingan dan juga bisa sejajar. Sama halnya dengan rangkaian hambatan seri, rangkaian hambatan secara paralel ini dihubungkan dengan suatu sumber tegangan. Oleh sebab itu, rangkaian dari hambatan listrik yang disusun secara paralel ini memiliki tegangan di setiap ujung hambatan yang sama. Yang membedakan rangkaian hambatan listrik yang disusun secara seri dan paralel adalah kuat arus yang mengalir. Jika rangkaian seri, kuat arusnya sama, sedangkan pada rangkaian paralel ini berbeda sesuai dengan nilai hambatan yang ada. Jika tegangan pada rangkaian listrik seri berbeda tegangannya, maka tegangan di rangkaian hambatan listrik paralel sama.

Kelebihan dan Kekurangan

Setiap rangkaian hambatan listrik memiliki kelebihan dan juga kekurangan masing-masing. Semua ada sisi negatif dan juga sisi positifnya. Untuk rangkaian hambatan listrik yang di susun secara seri, kelebihannya adalah rangkaian hambatan listrik tersebut mampu menghemat kabel dan juga mampu untuk menghemat saklar. Biaya yang dikeluarkan untuk merangkai rangkaian listrik ini cenderung terjangkau jika dibandingkan dengan memasang rangkaian listrik dengan cara paralel. Rangkaian hambatan listrik seri ini juga memiliki kelemahan. Karena disusun dengan cara sejajar atau lurus akibatnya jika Anda menemukan salah satu lampu yang mati maka lampu lainnya yang ada di jalur tersebut juga mati. Kelemahan lainnya pun ada pada nyala lampu tersebut dimana nyala lampu seri memiliki nyala yang berbeda, terangnya tidak sama. Semakin jauh lampu dari sumber tegangan maka nyalanya akan semakin redup.



Keunggulan dari rangkaian hambatan listrik yang disusun secara paralel adalah nyala lampu yang nyalanya sama. Meski lampu jauh dari sumber tegangan atau sumber arus, nyala lampu tersebut akan sama tidak semakin redup. Sedangkan untuk kelemahannya, rangkaian hambatan listrik yang disusun secara paralel akan membuatnya lebih boros kabel dan juga boros saklar. Sehingga dibutuhkan biaya yang tinggi untuk merangkai rangkaian listrik dengan cara paralel.


Rangkaian listrik yang disusun secara seri dan juga paralel akan selalu ada di pelajaran elektronika dan juga di praktik elektronika. Hal itu dikarenakan rangkaian hambatan listrik tersebut akan selalu terpakai di peralatan elektronika seperti saklar lampu, remote tv dan masih banyak lagi lainnya. Oleh sebab itu alangkah baiknya Anda memahami dasar-dasar dari rangkaian hambatan listrik seri dan paralel tersebut.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Rangkaian Hambatan Listrik Seri dan Paralel

0 komentar:

Post a Comment

close