PANEL-PANEL LISTRIK, Mengenal Fungsi dan Komponen Panel Listrik

PANEL-PANEL LISTRIK, Mengenal Fungsi dan Komponen Panel Listrik


 PANEL-PANEL LISTRIK, mengenal fungsi dan komponen panel listrik – Panel listrik merupakan salah satu ilmu dari elektronika yang perlu dipelajari dan juga dipahami. Panel listrik merupkan komponen listrik yang disusun di sebuah papan sehingga nantinya panel tersebut lebih mudah untuk digunakan. Sama halnya dengan komponen elektronika lainnya, panel listrik ini pun memiliki beberapa komponen penting dan komponen tersebut memiliki fungsinya masing-masing. Agar Anda lebih memahami tentang struktur panel-panel listrik, mengenal fungsi dan komponen panel listrik yang disusun di papan panel merupakan hal yang penting. Berikut ini adalah komponen panel listrik dan fungsinya yang perlu Anda ketahui:

MCB



MCB adalah singkatan dari Miniatur Circuit Board. MCB ini merupakan salah satu komponen dari bagian panel listrik yang memiliki fungsi sebagai arus jika tegangan atau arus yang dikeluarkan lebih dari batas yang seharusnya. MCB ini biasanya memiliki fungsi yang terbatas saja yaitu hanya ada di tegangan listrik dengan arus yang kecil dan arusnya tidak kurang dari 100 Ampere. Untuk bentuk MCB ini beragam. Ada yang terdiri dari satu input dan juga satu keluaran dimana disebut dengan satu pole. Tidak hanya terdiri dari satu pole saja, namun MCB ini ada yang memiliki bentuk dua pole, tiga pole sampai dengan empat pole.

MCCB

MCCB adalah salah satu bagian dari panel-panel listrik, mengenal fungsi dan komponen panel listrik tidak lengkap jika Anda tidak mempelajari tentang MCCB. MCCB merupakan singkatan dari Moulded Case Circuit Breaker. MCCB atau yang biasa disebut dengan Circuit Breaker ini memiliki fungsi sebagai pembatas arus. Komponen ini akan bekerja jika pada panel listrik terdapat arus beban yang besar dan tidak sesuai dengan batasnya. Memang banyak orang yang mengira jika MCCB ini sama dengan MCB, namun MCCB dan MCB berbeda. Yang membedakan adalah arus yang bisa dibatasi oleh MCCB lebih besar dibandingkan MCB. Arus beban yang bisa dibatasi oleh MCCB ini sebesar 100 Ampere sampai dengan 1600 Ampere.

GFCI


Komponen panel listrik lainnya adalah GFCI. GFCI merupakan singkatan dari Ground Flout Circuit Interruption. GFCI ini juga biasa disebut dengan RCCB atau ELCB. GFCI merupakan circuit breaker yang mampu lebih tanggap dan lebih cepat dalam melakukan reaksi terhadap pembatasan arus beban. Dibandingkan dengan MCB atau MCCB, GFCI ini lebih cepat memantau arus listrik secara terperinci. Sehingga GFCI ini akan lebih cepat tanggap, jika dalam arus listrik tersebut terjadi korsleting atau kabel yang mengalami kerusakan. Sehingga saat korsleting tersebut mengenai manusia tidak sampai mengakibatkan hal fatal seperti kematian.

Ground

Komponen dalam panel listrik yang sudah familiar di telinga masyarakat adalah ground atau grounding. Ground ini sering Anda jumpai pada komponen peralatan listrik. Fungsi dari ground ini adalah sebagai pengaman. Ketika ada kabel listrik yang mengelupas dan mampu mengenai bagian body alat-alat elektronik, maka ground ini akan bekerja. Ground akan mematikan arus listrik yang tidak terkendali sehingga tidak akan mencelakai manusia.

CT

Bagian dari panel listrik yang tidak boleh dilupakan adalah CT. CT adalah komponen panel listrik yang terbuat dari baja. CT ini disebut juga dengan ring sebab bentuknya yang menyerupai dengan cincin, meski begitu ada juga CT yang memiliki bentuk persegi namun bagian tengahnya berlubang.


Jika Anda ingin mempelajari elektronika, akan lebih baik jika Anda memahami dulu apa itu fungsi dan komponen-komponen yang diperlukan. Sehingga jika Anda akan merangkai suatu rangkaian elektronika, Anda tahu bagaimana cara kerjanya atau sistem dari rangkaian yang sedang Anda rakit. Begitu pula jika Anda sedang berusaha menyusun panel-panel listrik, mengenal fungsi dan komponen panel listrik seperti MCB, MCCB dan komponen lainnya sangat diperlukan untuk keahlian merangkai panel listrik.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : PANEL-PANEL LISTRIK, Mengenal Fungsi dan Komponen Panel Listrik

0 komentar:

Post a Comment

close