Skema Mobil Remote Control yang Sederhana

Skema Mobil Remote Control yang Sederhana

Skema Mobil Remote Control- Mobil remote control merupakan salah satu mainan yang digemari oleh kaum adam, baik anak-anak maupun dewasa. Namun untuk menjalankan mobil remote control tersebut ternyata diperlukan suatu rangkaian yang sangat detail, loh! Bagi anda yang penasaran bagaimana mobil remote control dapat berjalan, berikut penjelasannya.

Rangkaian pemancar mobil remote control


Skema mobil remote control merupakan rangkaian yang menggunakan IC digital keluarga CMOS yang memerlukan arus listrik sangat kecil. Pada rangkaian ini, sinyal radio tidak terus menerus dipancarkan tapi hanya dibangkitkan saat pengontrol mengirimkan perintah maju/mundur atau kanan/kiri. Sinyal tersebut juga merupakan pengiriman pulsa-pulsa frekuensi gelombang radio. Setelah suatu perintah dikirim, maka sistem akan menghentikan pengiriman dalam jeda waktu tertentu yang mana jeda waktu ini dibutuhkan oleh rangkaian penerima agar memiliki waktu yang cukup untuk melaksanakan perintah dengan baik. 

Pemancar mobil remote control ini merupakan sinyal radio yang dibangkitkan oleh sebuah rangkaian osilator berupa transistor Q1 9016. Frekuensi kerja dari rangkaian osilator tersebut berdasarkan Kristal Y1 yang memiliki nilai 27, 145 MHz. Sedangkan gerbang NOR U2D 14001 berfungsi sebagai pengendali osilator.

Prinsip kerja pemancar mobil remote control

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa rangkaian pemancar mobil remote control dibangkitkan oleh rangkaian osilator. Kerja dari osilator ini akan dikendalikan oleh NOR U2D 14001. Ketika output gerbang ini bernilai 1, maka osilator akan bekerja dan mengirimkan frekuensi radio 27, 145 MHz. Lalu saat output U2D bernilai 0 maka osilator akan berhenti bekerja. Selanjutnya gerbang NOR U2D menerima sinyal clock dari gerbang NOR U2B. 

Gerbang NOR tersebut akan membentuk sebuah rangkaian osilator frekuensi rendah pembentuk clock dengan bantuan resistor R4 dan R5 serta C8. Kerja dari pembangkit clock ini dikendalikan melalui input kaki 6, lalu rangkaian akan membangkitkan clock jika input berada di level 0.  Gerbang NOR U2A dan U2C membentuk suatu rangkaian Latch yang akan mengakibatkan pembangkit clock U2b bekerja membangkitkan clock dan melepas keadaan reset IC pencacah U1 sehingga U1 mulai mencacah dan rangkaian osilator mengirimkan pulsa-pulsa frekuensi selama pembangkit clock tersebut bekerja.

Rangkaian penerima mobil remote control

Rangkaian penerima mobil remote control ini berada di body mobil remote control tersebut.  Rangkaian ini berfungsi dengan motor sebagai penggerak dari remote control itu sendiri. Sinyal dari pemancar akan diproses untuk menggerakan putaran motor. Pada rangkaian penerima mobil remote control ini dibangkitkan dengan transistor serta bantuan resistor, kapasitor dan T1 yang akan membentuk rangkaian penerima sinyal radio 27,145 MHz. Rangkaian transistor tersebut akan membentuk suatu rangkaian yang bertujuan untuk merubah pulsa-pulsa frekuensi radio yang diterima dari pemancar menjadi pulsa-pulsa kotak yang bisa diterima sebagai sinyal digital oleh IC CMOS.

Prinsip kerja penerima mobil remote control

Sinyal digital akan diterima sebagai clock yang akan dicacah oleh IC Pencacah 14024 (U2). Output U2 tersebut akan sesuai dengan jumlah pulsa yang dikirim pemancar. Sinyal digital yang diterima tadi selain digunakan sebagai clock pencacah U2, digunakan pula untuk menggerakan 3 buah rangkaian penunda waktu untuk membangkitkan pulsa-pulsa yang berfungsi mengatur kerja dari rangkaian. Pulsa pengatur pertama akan muncul setelah kiriman pulsa frekuensi terhenti dikarenakan jeda waktu antara pengiriman kode. 



Pulsa ini berfungsi untuk merekam hasil cacahan U2 ke 14042 (U3) sehingga kondisi akhir dari U2 tetap dipertahankan untuk mengendalikan motor. Setelah hasil U3 direkam ke U2, maka pencacah U3 direset oleh pulsa kedua agar setelah jeda lewat waktu pencacah U3 dapat mencacah kembali mulai dari 0. Kemudian terdapat rangkaian H Bridge yang berfungsi untuk menggerakan motor DC.


Begitulah skema mobil remote control. Semoga dapat menjawab rasa penasaran anda terhadap mobil remote control.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Skema Mobil Remote Control yang Sederhana

0 komentar:

Post a Comment

close