Remote Speaker Menggunakan Jaringan Listrik: Rangkaian dan Cara Kerjanya

Remote Speaker Menggunakan Jaringan Listrik: Rangkaian dan Cara Kerjanya

Remote Speaker Menggunakan Jaringan Listrik merupakan salah satu solusi alternatif pada remote speaker yaitu dengan menggunakan kabel yang sudah terinstalasi. Hal ini yang kemudian akan membuat anda tidak perlu memerlukan kabel baru lagi. Nah, rangkaian remote spekear dengan jaringan listrik ini memang terbilang cukup rumit. Berikut penjelasan mengenai remote speaker yang menggunakan jaringan listrik serta bagaimana kerjanya.

Rangkaian Remote Speaker Menggunakan Jaringan Listrik

Pada dasarnya Remote Speaker Menggunakan Jaringan Listrik ini  menggunakan jaringan listrik rumah karena proses penempatan speaker unit pada ruangan yang berbeda dengan amplifier unit akan membutuhkan kabel yang cukup panjang. Selain itu dibutuhkan juga penataan instalasi kabel yang baik agar kabel tidak terlihat atau terpasang dengan rapi serta speaker tersebut menghasilkan suara yang baik. Remote speaker menggunakan jaringan listrik ini berfungsi untuk mengirimkan sinyal audio ke speaker dengan menggunakan media jaringan listrik yang ada di rumah anda. 

Untuk membuat rangkaian remote speaker dengan jaringan listrik ini maka anda akan membutuhkan modulasi FM yang menggunakan IC , seperti LM566, LM565, Voltage Control Oscillator, dan detector PLL .  LM5666 digunakan untuk memodulasi FM lalu dicampurkan dengan jaringan listrik menggunakan sebuah tranformator. Transformator yang digunakan pada rangkaian ini dapat berupa transformator MF. Pada bagian penerima, sinyal modulasi FM tadi dipisahkan dari jaringan listrik dengan transformator MF. Kemudian dengan menggunakan LM565  maka akan terdapat sebuah sinyal audio yang masih lemah.

Prinsip Kerja Speaker Menggunakan Jaringan Listrik

Sumber audio pada remote speaker ini dapat berupa tape atau radio yang sinyalnya diambil dari konektor line out atau tape out. Namun jika tidak ada output tersebut maka dapat diambil dari speaker output. Hal ini akan menyebabkan volume suara di remote unit akan dikontrol oleh volume pada sumber audio. 


Selanjutnya pada bagian transmitter dari audio akan dimodulasikan dengan modulasi FM yang kemudian dicampurkan dengan tegangan jaringan listrik menggunakan couple transformer. Modulasi FM ini menggunakan IC LM566 yang berfungsi sebagai voltage control oscillator yang mana output frekuensi dapat berubah-ubah sesuai dengan tegangan amplitudo dari sinyal audio yang masuk. Lalu pada bagian receiver, sinyal audio yang telah dimodulasikan tadi didemodulasi dan melakukan reject kepada sinyal noise yang ikut diambil dari jalur jaringan listrik. Pada bagian audio output sinyal audio yang telah didemodulasikan akan dikuatkan menggunakan LM380. Jika suara yang dihasilkan masih kurang kuat, maka dapat menggunakan sebuah power amplifier dengan daya output lebih besar.

Transmitter dan Receiver Remote Speaker Menggunakan Jaringan Listrik

Sistem transmitter ini menggunakan frekuensi sinyal carrier 100KHz atau 200KHz. Jadi jika anda hanya ingin output mono maka input sinyal bagian kiri dan kanan dicampur serta hanya menggunakan sebuah frekuensi carrier saja. Tetapi apabila anda menginginkan output speaker tersebut tetap stereo maka anda memerlukan 2 set transmitter receiver dengan frekuensi carrier yang berbeda. Frekuensi carrier yang digunakan juga harus lebih tinggi dari 100KHz dan kelipatannya agar tidak terjadi interfensi antara sinyal carrier. 


Selanjutnya pada bagian receiver atau penerima ini sinyal modulasi yang dpisahkan jala-jala listrik dengan menggunakan transformator MF tadi dikuatkan, dibatasi, dan didemodulasi agar kembali menjadi sinyal audio seperti yang diterima pada bagian transmitter. Pada saat tidak terdapat sinyal modulasi maka bagian receiver ini harus tidak menghasilkan suara apapun pada putput LM380.


Jadi itulah informasi seputar Remote Speaker Menggunakan Jaringan Listrik dan juga cara kerjanya. Semoga bermanfaat untuk anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Remote Speaker Menggunakan Jaringan Listrik: Rangkaian dan Cara Kerjanya

0 komentar:

Post a Comment