Rangkaian Lampu TL Fluorescent dan Lampu TL LED: Pengertian dan Prinsip Kerja

Rangkaian Lampu TL Fluorescent dan Lampu TL LED: Pengertian dan Prinsip Kerja

Rangkaian Lampu TL Fluorescent dan Lampu TL LED- Terdapat berbagai macam rangkaian lampu dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya lampu TL. Terdapat dua jenis lampu TL yaitu Lampu TL Fluorescent dan Lampu TL LED. Kedua jenis lampu ini tentunya memiliki cara kerja tersendiri. Berikut penjelasan mengenai Rangkaian Lampu TL Fluorescent dan Lampu TL LED.

Lampu TL Fluorescent


TL merupakan singkatan dari Tube Luminescent yang merupakan sebuah lampu yang memiliki bentuk tabung hampa. Di setiap ujung tabung tersebut terdapat dua pasang kawat pijar yang biasa disebut dengan coil. Nah, pada Lampu TL Fluorescent ini memanfaatkan gas Neon dan lapisan Fluorescent sebagai pemendar cahaya pada saat dialiri arus listrik. Pada tabung lampu ini diisi oleh semacam gas yang saat elektrodanya mendapat tegangan tinggi, gas tersebut akan terionisasi sehingga menyebabkan elektron-elektron pada gas tersebut bergerak sehingga memendarkan lapisan Fluorescent pada lapisan tabung lampu TL. Lampu Fluorescent merupakan lampu yang paling banyak digunakan saat ini. Lampu Fluorescent sering kali digunakan sebagai penerang di sekolah, pabrik, mall, gudang, dan gedung perkantoran. Karakteristik dari lampu TL Fluorescent yaitu lampu ini mampu menghasilkan cahaya output per watt daya yang digunakan lebih tinggi daripada lampu bohlam biasa.

Prinsip kerja lampu TL Fluorescent

Pada prinsipnya lampu TL Fluorescent ini merupakan lampu yang berbentuk tabung hampa dengan kawat pijar di kedua elektroda. Tabung tersebut diisi dengan merkuri dan gas argon yang bertekanan rendah. Selain itu lampunya terbuat dari gelas yang dilapisi oleh lapisan fosfor. Pada saa dialiri arus listrik, elektroda tersebut akan memanas dan menyebabkan elektron-elektron berpindah tempat dari satu ujung ke ujung yang lain. Energi listrik tersebut selanjutnya akan mengakibatkan merkuri yang sebelumnya merupakan cairan, akan berubah menjadi gas. Perpindahan elektron akan bertabrakan dengan atom merkuri sehingga energi elektron tersebut menjadi meningkat pada level yang lebih tinggi. Kemudian elektron tersebut akan melepaskan cahaya saat energinya kembali ke level normal.

Rangkaian Lampu TL Fluorescent

Untuk rangkaian lampu TL Fluorescent sendiri yaitu membuthkan sebuah starter dan ballast. Fungsi starter dan ballast tersebut adalah untuk menghidupkan lampu TL Fluorescent ini. Starter pada lampu TL Fluorescent menjadi saklar otomatis yang membantu memanaskan elektroda untuk proses pemindahan electron di dalam tabung. Sedangkan ballast pada lampu TL Fluorescent ini merupakan pembatas besarnya arus dan menstabilkan arus agar dapat mengoperasikan lampu TL Fluorescent tersebut.

Lampu TL LED

Lampu TL LED adalah lampu penerang berbentuk tabung atau tube yang menggunakan teknologi LED (Light Emitting Diode) sebagai pemancar sinar cahaya. Biasanya pada lampu TL LED ini terdapat puluhan hingga ratusan LED di dalamnya. Lampu TL LED ini juga memiliki keunggulan dibandingkan lampu TL Fluorescent yaitu lampu TL LED dapat menghemat listrik sampai 60%. Hal ini dikarenakan lampu TL LED tidak memerlukan starter dan ballast yang mana dapat mengkonsumsi listrik lebih banyak.

Prinsip kerja Lampu TL LED


LED terdiri dari sebuah chip semikonduktor yang di doping sehingga menciptakan junction P dan N. proses doping disini adalah menambahkan ketidakmurnian pada semikonduktor yang murni sehingga menghasilkan karakteristik listrik yang diinginkan. Ketika LED dialiri tegangan maju yaitu dari Anoda (P) menuju katoda (K), kelenihaan elektron pada N-type material akan berpindah ke wilayah yang kelebihan hole yaitu wilayah yang bermuatan postif (P-type material). Saat elektron bertemu dengan hole maka akan melepaskan Photon dan memancarkan cahaya nomokromatik.

Mengkonversi Rangkaian Lampu TL Fluorescent ke TL LED

Rangkaian lampu TL Fluorescent dapat dikonversikan atau dibuah ke TL LED. Caranya adalah hanya melepaskan starter dan juga ballast dari lampu TL Fluorescent. Setelah itu buatlah sambungan baru antara terminal lampu TL LED dengan arus listrik input.


Begitulah penjelasan mengenai Rangkaian Lampu TL Fluorescent dan Lampu TL LED. Semoga dapat membantu anda yang ingin merangkai lampu TL LED.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Rangkaian Lampu TL Fluorescent dan Lampu TL LED: Pengertian dan Prinsip Kerja

0 komentar:

Post a Comment

close