Rangkaian Lampu Strobo Sederhana: Strobo LED dan 12 Volt

Rangkaian Lampu Strobo Sederhana: Strobo LED dan 12 Volt

Rangkaian Lampu Strobo Sederhana- Bagi anda yang menggemari dunia otomotif pasti anda sudah sering mendengar lampu strobo, bukan? Lampu yang satu ini biasanya digunakan pada mobil polisi. Namun selain itu ternyata lampu strobo juga dapat digunakan untuk menghiasi lampu di kendaraan. Nah, bagi anda yang penasaran dengan rangkaian lampu strobo, berikut penjelasannya.

Prinsip Kerja


Prinsip kerja lampu strobo pada umumnya hampir sama dengan kinerja lampu flip flop. Perbedaannya adalah lampu akan berkedap-kedip yang diselingi dengan suara sirine yang kencang dan keras. Pada rangkaian lampu strobo sederhana ini terdapat komponen IC 1A yang akan membuat osilator dengan gelombang persegi yang tinggi dimana frekuensi tersebut akan disesuaikan oleh komponen VR1 untuk menghasilkan sinyal yang baik.

Gelombang persegi tersebut merupakan buffer dari komponen IC 1B yang akan mendorong komponen IC2. Sementara output pada komponen Q0 dan atau Q2, selanjutnya Q7 dan atau Q9 akan memberikan pertukaran pulsa yang berganda. Untuk membedakan waktu tersebut, maka komponen C2 dan C3 serta komponen R3 dan R5 akan bekerja secara bersama dengan memanfaatkan output dari IC 1C dan IC 1F. Hal ini yang kemudian akan meningkatkan efek kedipan lampu menjadi lebih sering. Selan itu untuk mendapatkan efek terbaik yang bisa membuat tampilan lampu menjadi lebih terang adalah dengan menyesuaikan komponene VR1.

Rangkaian Lampu Strobo LED sederhana

Komponen utama dari rangkaian lampu strobo LED ini sudah jelas adalah LED. Rangkaian lampu strobo LED memang biasanya digunakan untuk melakukan simulasi rangkaian lampu mobil polisi yang mana pada bagian lampu tersebut akan menyala berkedip secara bergantian atau menggunakan semacam plat yang berputar. Anda pun dapat membuat sendiri rangkaian lampu strobo LED ini, loh. Komponen yang ada pada rangkaian ini juga mudah untuk anda dapatkan di toko spare part elektronik. Anda akan membutuhkan 2 buah IC (Integrated Circuit) tipe 555 dan 407 serta 2 buah transistor. 


Pada transistor ini anda  dapat menggunakan TIP31 atau TP41, tipe FCS9013, FCS9014, atau C945. Anda hanya pilih saja yang mana yang paling cocok dan sesuai dengan kebutuhan. Namun untuk hasil dan intensitas cahaya LED yang lebih optimal maka sebaiknya anda menggunakan transistor tipe lebih besar seperti TIP31 atau TIP41. Selanjutnya anda juga akan membutuhkan 2 buah kondensator elektrolit, 470µF/16V dan 33µF/50V, 4 buah dioda tipe 1N4148, 4 buah dioda tipe 1N4002 (1A), 2 buah resistor 330 ohm, dan satu buah variable resistor 10K ohm. 

Pada skema rangkaian lampu strobo LED ini, untuk menyalakan satu lampu strobo saja maka komponen yang harus dikurangi adalah satu transistor, satu resistor, dan 2 dioda 1N4148. Selanjutnya untuk menyalakan lampu strobo LED ini seperti lampu yang dikontrol flasher, maka komponen yang harus dikurangi adalah adalah satu transistor, satu resistor, dan satu dioda 1N4148. Jangan lupa untuk menyiapkan Printed Circuit Board atau Papan Rangkaian Tercetak multifungsi ukuran IC untuk merangkai komponen-komponen yang telah anda siapkan.

Rangkaian lampu strobo sederhana 12 Volt

Selanjutnya anda dapat membuat rangkaian lampu strobo sederhana 12 Volt. Rangkaian lampu strobo ini hanya menggunakan komponen dalam jumlah yang minim. Komponen utama dari rangkaian lampu strobo ini adalah LED yang dinyalakan dengan menggunakan tegangan 12 Volt DC. 

Skema dari rangkaian lampu strobo 12 Volt ini adalah dengan menggunakan 2 buah IC 555 yang telah diatur sedemikian rupa agar dapat membuat lampu LED tersebut menyala dan mati secara bergantian. Selain itu terdapat pula komponen lainnya yaitu kapasitor dan resistor.

Jadi begitulah penjelasan mengenai Rangkaian Lampu Strobo Sederhana. Semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Rangkaian Lampu Strobo Sederhana: Strobo LED dan 12 Volt

0 komentar:

Post a Comment