Macam-macam Alat Elektronik dari Barang Bekas yang Dapat Anda Buat Sendiri

Macam-macam Alat Elektronik dari Barang Bekas yang Dapat Anda Buat Sendiri

Macam-macam Alat Elektronik dari Barang Bekas- Alat elektronik tentunya sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Tapi tahukah anda bahwa ternyata anda dapat membuat sendiri alat elektronik yang biasa anda gunakan ,loh! Alat elektronik ini terbuat dari barang-barang bekas yang akan mengasah kreativitas anda.  Penasaran? Ini dia ulasannya.

AC Sederhana


Salah satu dari macam-macam alat elektronik dari barang bekas yang dapat anda buat sendiri adalah AC sederhana. Bahan-bahan yang anda butuhkan adalah Adaptor 12 Volt, Kipas angin bekas computer 12 volt, jack adaptor atau port USB female, wadah plastic, solder, timah, isolasi, es batu. Untuk membuat AC sederhana ini anda harus melubangi 3 sisi wadah yang mana lubang tersebut akan berfungsi sebagai ventilasi. Selain itu anda juga harus melubangi tutup wadah tadi untuk menjadi tempat penyimpaan kipas bekas komputer.

Posisikan kipas tersebut di tengah-tengah tutup wadah. Nah, pada AC sederhana ini yang terpenting adalah untuk menyambungkan adaptor pada jack adaptor atau USB female. Penempatan adaptor dan USB female/jack adaptor tersebut juga pada tutup wadah. Jadi anda juga harus melubangi tutup wadah dengan ukuran lubang yang sesuai dengan ukuran USB female atau jack adaptor. Anda pun dapat memodifikasi sesuai kebutuhan yang terpenting prinsipnya harus sama. Jangan lupa untuk menyimpan es batu di dalam wadah. AC sederhana ini pun dapat anda gunakan jika anda merasa kepanasan di rumah.

Kipas Angin

Selain AC sederhana, anda juga dapat membuat kipas angin dari barang bekas. Pada prinsipnya kipas angin ini bekerja dengan USB. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kipas angin ini juga cukup sederhana yaitu kaset CD/DVD bekas, pipa bekas berukuran kecil atau selongsong bekas tissue , kabel, gir, tutup botol, dynamo DC, lem, obeng, dan gunting. 



Buatlah pola sebanyak 8 garis pada kaset CD/DVD anda lalu gunting pola garis tersebut sehingga membentuk seperti sebuah kipas. Selanjutnya masukkan tutup botol ke dalam kipas dari kaset bekas tadi tapi sebelumnya lubangi tutup botol terlebih dahulu. Bagian yang terpenting dari kipas angin ini adalah pemasangan kabel. Kupaslah kabel USB bekas dan potong kabel berwarna hijau dan putih sehingga yang tersisa hanya kabel merah dan hitam. Kemudian pasang kabel hitam dan merah tersebut ke dalam terminal kabel  lalu masukkan ke dalam selongsong tissue. Hubungkan kabel tadi dengan dynamo DC. Anda pun tinggal menempelkannya pada kaset bekas yang berfungsi sebagai dudukan. Kipas angia pun telah selesai dan bisa anda gunakan.

Vacuum Cleaner


Selanjutnya anda juga dapat membuat vacuum cleaner dari botol plastik bekas. Bahan-bahan yang anda butuhkan adalah botol minum plastik bekas, kaleng bekas, dynamo, lem, aki motor, kain tipis, pisau, dan gunting. Pertama-tama potonglah botol mineral bekas tadi menjadi 2 bagian lalu lubangi bagian bawah botol bekas tersebut. Setelah itu potong kaleng dengan membentuk lingkaran berdiameter sama dengan diameter botol lalu bentuk seperti baling. Kemudian rekatkan kaleng yang berbentuk baling tadi pada dynamo dan letakkan ke dalam botol bagian bawah yang telah diberi lubang. 



Kain tipis berfungsi sebagai filter debu dan kotoran yang dihisap nantinya. Anda pun harus merekatkan kain tipis ini pada potongan bagian bawah botol tadi di bagian atasnya. Langkah selanjutnya adalah memasang selang pada bagian tutup botol bekas tadi untuk menyedot debu dan kotoran. Kemudian satukan kembali botol bekas bagian atas (tutup botol) dengan bagian bawah yang sudah diisi dengan komponen-komponen lainnya. Anda pun tinggal menyalakan dynamo yang dihubungkan dengan baterai hingga baling-baling berputar. Vacuum cleaner pun siap digunakan.

Jadi itulah macam-macam alat elektronik dari barang bekas yang dapat anda buat sendiri. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Macam-macam Alat Elektronik dari Barang Bekas yang Dapat Anda Buat Sendiri

0 komentar:

Post a Comment