Cara Membuat Transmisi Sinyal Radio: Pemancar FM Radio Mini Sederhana

Cara Membuat Transmisi Sinyal Radio: Pemancar FM Radio Mini Sederhana

Cara Membuat Transmisi Sinyal Radio- Radio adalah teknologi yang digunakan untuk pengiriman sinyal dengan cara modulasi dan gelombang elektromagnetik. Salah satu hal yang penting dalam radio adalah transmisi sinyal. Nah, kini anda pun dapat membuat transmisi sinyal radio sendiri, loh! Penasaran? Simak ualsannya berikut ini.

Konsep dasar


Sistem transmisi sinyal radio adalah salah satu sistem transmisi untuk menyalurkan informasi dari satu terminal ke terminal lainnya menggunakan perangkat radio dengan media transmisi udara atau ruang bebas. Dalam trasnmisi sinyal radio ini terdapat istilah modulasi. Modulasi adalah proses penumpangan sinyal informasi yang berasal dari pesawat telepon dengan sinyal pembawa atau carrier. Tujuan dari modulasi ini adalah untuk mengamankan sinyal informasi dari kerusakan akibat gangguan seperti noise dan interfensi. Terdapat beberapa jenis modulasi, yaitu modulasi amplitudo (AM), modulasi frekuensi (FM), modulasi fasa (PM), modulasi amplitudo pulsa, modulasi lebar pulsa, modulasi posisi pulsa, dan lain sebagainya.

Prinsip kerja

Pada transmisi sinyal radio ini terdapat 2 bagian yaitu bagian pengirim dan bagian penerima. Pada bagian pengirim, sinyal-sinyal input yang masuk akan dimultipex terlebih dahulu untuk digabungkan menjadi satu kanal informasi. Selanjutnya kanal tersebut masuk ke dalam framing unit untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog. Kemudian sinyal tersebut disalukan ke transmitter yang di dalamnya akan terjadi proses modulasi antara sinyal informasi dan sinyal carrier. Selain itu di transmitter, sinyal juga akan diperkuat oleh transmitter oscillator. 



Setelah terlepas dari transmitter maka sinyal kembali dikuatkan dengan menaikkan dayanya sehingga sinyal dapat dipancarkan. Namun sebelum dipancarkan sinyal terlebih dahulu melewati band pass filter. Tahap akhir adalah sinyal dipisahkan oleh regulator dan masuk melalui feeder yang akan dipancarkan oleh antenna. Pada bagian penerima, sinyal yang telah difilter dengan ukuran tertentu akan disalurkan masuk ke dalam receiver untuk dipisahkan antara sinyal carrier dan sinyal informasi. Setelah itu sinyal masuk ke dalam equalizer agar sinyal dapat dibentuk hampir sama dengan keadaan awal sinyal. Sinyal pun kembali masuk ke dalam deframing unit untuk dikonversi kembali menjadi sinyal digital. Selanjutnya sinyal dipisah-pisah dan akan disalurkan menuju sentral dan media transmisi lainnya.

Membuat transmisi sinyal radio: pemancar FM

Kali ini akan dibahas mengenai cara membuat transmisi sinyal radio dalam bentuk pemancar FM mini sederhana. Pemancar FM ini memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan frekuensi MW atau AM. Nah, pemancar FM ini merupakan sebuah perangkat portable yang mengubah output audio tertentu menjadi sinyal radio FM. Pada umumnya pemancar FM ini memiliki jangkauan sekitar 9 meter. Anda pun dapat membuat pemancar FM mini sederhana. Rangkaian pemancar FM ini mentransmisikan gelombang FM sehingga anda dapat dengan mudah menerima sinyal pada ponsel, radio, dan lainnya. Komponen yang anda butuhkan antara lain Transistor BC547, microphone, 

variable capacitor 57pf, inductor, resistor 4.7K resistor, resistor 330 ohm, 1n capacitor (102), capacitor 10p, batrei 9V, LED, Soldering iron, dan FM receiver (bisa dengan ponsel). Pertama-tama siapkan terlebih dahulu papan PCB berukuran kecil sesuai kebutuhan. Selanjutnya tempatkan komponen-komponen yang telah anda siapkan pada PCB tersebut. Pada rangkaian ini maka anda harus menggunakan transistor BC547 untuk memperkuat sinyal dan frekuensi modulasi. Untuk antenna pemancar anda dapat menggunakan kawat 0.5 mm menggunakan inductor. Selain itu anda dapat menggunakan ponsel anda untuk menemukan sinyal pemancar FM radion mini ini secara manual.


Jadi begitulah cara membuat transmisi sinyal radio dalam bentuk pemancar FM mini sederhana. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Membuat Transmisi Sinyal Radio: Pemancar FM Radio Mini Sederhana

0 komentar:

Post a Comment