9 Komponen TV dan Fungsinya

9 Komponen TV dan Fungsinya

Komponen TV dan fungsinya- Salah satu alat elektronik yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari adalah televisi (TV). Dengan TV maka kita dapat mengetahui segala informasi dari belahan dunia. Nah, dalam TV terdapat komponen-komponen yang membuat TV tersebut dapat bekerja. Penasaran? Berikut 9 Komponen TV dan Fungsinya.

Flyback


Komponen yang paling penting dalam TV adalah flyback. Flyback berfungsi untuk menyuplai tegangan yang tinggi pada CRT. Selain itu flyback juga berfungsi untuk menyuplai beberapa tegangan-tegnagan lainnya. Namun ternyata flyback juga dapat mengalami kerusakan. Biasanya kerusakannya dapat dilihat dari jalur PCB-nya. Kerusakan tersebut dapat diatasi dengan mengganti pin-pinnya.

Rangkaian power supply

Rangkaian power supply atau daya catu pada TV dibatasi oleh garis berwarna putih yang terdapat pada PCB dan pada daerah kotak berwarna merah. Daerah yang berada dalam garis putih tersebut merupakan rangkaian input dimana memiliki tegangan lebih tinggi. Sedangkan daerah yang terdapat dalam kotak merah merupakan output yang mendistribusikan tegangan-tegangan DC ke seluruh rangkaian TV. Rangkaian power supply ini berfungsi untuk mengubah arus AC menjadi arus DC.

Rangkaian intermediate frequency (IF)

Rangkaian IF ini berfungsi untuk menguatkan sinyal hingga 1000 kali. Selain itu rangkaian IF ini juga berfungsi untuk membuang gelombang-gelombang lain yang tidak dibutuhkan serta meredam interfensi gelombang pembawa suara yang dapat mengganggu kualitas gambar pada TV. Jadi dengan rangkaian IF ini maka TV bisa mendapatkan sinyal yang kuat.

Rangkaian penala (tuner)


Rangkaian penala pada TV umumnya memiliki bentuk box yang merupakan pintu utama dari TV untuk memperoses sinyal yang didapat dan menguatkannya hingga 1000 kali. Rangkaian penala atau tuner ini terdiri dari penguat frekuensi tinggi atau high frequency, pencampur (mixer), dan osilator lokal. Rangkaian penala memiliki fungsi sebagai penerima sinyal yang masuk ke gelombang TV. Sinyal tersebut masuk melalui antenna lalu mengubahnya ke bentuk sinyal frekuensi IF pada 33,4 MHz dan 38,9 MHz.

Rangkaian penguat video

Komponen yang satu ini sudah jelas memiliki fungsi untuk menguatkan sinyal video. Dalam rangkaian penguat video ini terdapat rangkaian automatic brightness level atau ABL yang merupakan pengatur kuat cahaya secara otomatis. Fungsi dari ABL ini adalah untuk melindungi rangkaian-rangkaian yang bertegangan tingi dari tegangan yang bermuatan lebih.

Rangkaian detector video

Komponen yang ada dalam TV selanjutnya adalah rangkaian detector video. Rangkaian detector video ini memiliki fungsi untuk mendeteksi sinyal video komposit yang pada umumnya keluar melalui penguat IF. Selain itu rangkaian ini juga berfungsi untuk meredam sinyal pengganggu yang mana akan memperburuk kualitas gambar pada TV.

Rangkaian automatic gain control (AGC)


Rangkaian AGC ini dipasang sebelum tone control maupun di paralel dengan power amplifier. Komponen dari rangkaian AGC terdiri dari transistor, variable resistor (VR), beberapa kapasitor, dan resistor. Rangkaian AGC ini memiliki fungsi untuk menguatkan input yang dilakukan secara otomatis. Di samping itu, rangkaian ini dapat menstabilkan secara otomatis input sinyal TV yang terkadang berubah sehingga akan menghasilkan ouput yang konstan.

Rangkaian audio

Rangkaian audio merupakan rangkaian yang berfungsi sebagai output suara yang dihasilkan TV. Sinyal pembawa IF suara akan dideteksi oleh modulator frekuensi (FM). Selain itu mediator frequency (MF) yang terdapat pada rangkaian ini akan mendeteksi sinyal membawa IF dan sinyal tersebut akan dipisahkan dari sinyal yang membawa gambar.

Rangkaian defleksi sinkron

Rangkaian defleksi sinkron ini terdiri dari 4 blok yaitu rangkaian sinkronisasi, rangkaian defleksi vertikal, rangkaian defleksi horizontal, dan rangkaian pembangkit tegangan tinggi. Rangkaian yang satu ini berfungsi sebagai pembangkit tegangan yang tinggi. Pada rangkaian ini, sinyal sinkronisasi horizontal dipisahkan dari sinyal sinkronisasi vertikal dengan menggunakan rangkaian pemisah frekuensi.

Jadi itulah 9 Komponen TV dan Fungsinya. Semoga dapat menjawab rasa penasaran anda akan komponen dalam TV.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 9 Komponen TV dan Fungsinya

0 komentar:

Post a Comment

close