4 Komponen Utama TV LED Layar Datar

4 Komponen Utama TV LED Layar Datar

Komponen Utama TV LED Layar Datar- TV merupakan salah satu alat elektronik yang sangat dibutuhkan manusia. Semakin berkembangnya jaman, maka TV pun semakin canggih. Salah satu jenis TV yang saat ini sedang booming adalah TV LED layar datar. TV LED ini memiliki komponen-komponen utama yang bekerja untuk menyalakan TV LED itu sendiri. Penasaran? Berikut penjelasannya.

Power Supply


Keberadaan power supply atau catu daya tentu tidak dapat dipisahkan dalam rangkaian TV. Power supply memiliki fungsi untuk megalirkan dan mengatur daya atau energi untuk di suplai ke suatu komponen elektronika. Salah satu manfaat yang bisa diambil dari fungsi power supply ini adalah menjaga atau megatur tegangan atau daya yang masuk ke perangkat atau beban yang dialiri oleh power supply. Hal ini cukup penting karena suatu komponen dalam rangkaian elektronika bisa rusak atau terbakar jika tidak mendapat pasokan daya yang stabil.

Rangkaian Boost Converter

Salah satu komponen utama TV LED layar datar adalah rangkaian boost converter. Rangkaian boost converter adalah rangkaian yang berfungsi sebagai converter penaik tegangan DC ke level yang lebih tinggi. Rangkaian boost converter ini terdiri dari sumber tegangan DC, inductor, saklar elektronik. Selain itu rangkaian ini juga menggunakan komponen MOSFET, diode, serta kapasitor dan resistor yang juga bertindak sebagai beban atau load. Boost converter ini merupakan bentuk unit power supply khusus yang diperlukan ketika tegangan yang dibutuhkan oleh suatu rangkaian elektronika lebih tinggi dari tegangan suplai yang tersedia. 



Seperti buck converter, boost converter juga menerapkan sistep SMPS jadi merupakan bagian dari jenis power supply SMPS. Perlu anda ketahaui sistem SMPS berarti sistem power supply yang lebih efisien dengan tegangan keluaran yang stabil dan faktor ripple yang sangat endah. Menaikkan tegangan DC ke level yang lebih tinggi tidak dapat dilakukan oleh power supply sistem linier. Hal ini yang menyebabkan istilah “DC-DC up converter” hanya identik dengan boost converter yang menerapkan sistem SMPS tersebut. Boost converter memanfaatkan sifat konduktor terhadap guncangan listrik yang memiliki frekuensi tinggi dan bekerja dengan adanya denyut-denyut tegangan.

Rangkaian backlight LED

TV LED merupakan TV yang menggunakan lampu LED sebagai pencahayaannya. Lampu LED itu sendiri merupakan sebuah lampu yang mengadopsi sistem kerja dari sebuah diode cahaya. Untuk menyalakannya maka dibutuhkan tegangan DC yang relatif kecil. Dalam TV LED tentunya terdapat banyak lampu LED yang mana membutuhkan tegangan yang banyak untuk menyalakannya. Oleh sebab itu dibuatlah sebuah rangkaian yang disebut inverter DC to DC yang mana memiliki cara kerja dengan melipat gandakan tegangan DC asli. 

Jadi misalnya lampu LED pada TV LED ini membutuhkan tegangan 45 volt namun tegangan inputnya hanya 12 volt. Untuk membuat tegangan tersebut menjadi 45 volt maka dibuatlah rangkain backlight LED atau inverter DC to DC. Cara menyalakan rangkaian backlight LED ini pada dasarnya sama persis dengan cara kerja dari inverter DC to AC, yaitu dikontrol oleh rangkaian sensor protect yang akan saling mengimbangi ketika masalah terjadi pada salah satu sistem.

Main Board


Main board juga merupakan salah satu Komponen Utama TV LED Layar Datar. Bisa dibilang bahwa main board ini merupakan otak dari rangkaian. Main board merupakan papan utama yang terdapat komponen-komponen serta chip controller yang bertugas mengatur lalu lintas data dalam sistem main board.  Ciri khas dari rangkaian main board pada TV LED ini adalah terdapat IC sebagai komponennya. Jadi dapat dikatakan bahwa rangkaian main board-lah yang mengendalikan TV LED ini.


Nah, jadi itulah 4 Komponen UtamaTV LED Layar Datar. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 4 Komponen Utama TV LED Layar Datar

0 komentar:

Post a Comment

close