Rangkaian Lampu LED Berjalan Menggunakan IC NE555 dan IC 4017B

Tempatnya para hobies elektronika mencari inspirasi

Rangkaian Lampu LED Berjalan Menggunakan IC NE555 dan IC 4017B

Rangkaian Lampu LED Berjalan Menggunakan IC NE555 dan IC 4017B – Ketika memasuki sebuah toko, didepan toko biasanya terpasang papan dengan tulisan berjalan yang tersusun oleh serangkaian lampu kecil-kecil. Tulisan itu biasanya disebut dengan istilah running text/running LED. Serangkain tulisan tersebut merupakan contoh dari rangkaian lampu LED berjalan. Dikatakan berjalan karena ketika rangkaian diaktifkan akan menghasilkan lampu yang menyala secara bergantian untuk menghasilkan tulisan yang seakan berjalan.



Rangkaian lampu LED berjalan yang terlihat sangat rumit tersebut ternyata bisa kita buat sendiri di rumah. Dengan panduan cara merangkai rangkaian LED berjalan dan komponen-komponen yang diperlukan, kita sudah bisa merakit sendiri LED berjalan.

Komponen Merangkai Lampu LED Berjalan

Rangkaian lampu LED berjalan sederhana bisa dibuat dengan komponen dan bahan yang mudah ditemukan dipasaran atau toko elektronika. Bahan-bahan utama yang diperlukan untuk membuat rangkaian ini adalah:
-          Baterai
-          Resistor
-          Capasitor
-          IC NE555 dan IC 4017B
-          Lampu LED sesuai kebutuhan
-          Papan PCB dan bubuk pelarut PCB
-          Setrika dan
-          Air panas

Apabila semua komponen telah siap, hal pertama yang dilakukan adalah merangkai semua komponen tersebut hingga menjadi sebuah rangkaia LED berjalan. Caranya ialah dengan membaca panduan cara merangkai lampu LED dengan lengkap dan teliti. Untuk lebih jelas bisa mencari panduan cara membuat lampu LED berjalan di internet karena disana banyak cara rakit sendiri lampu merk berjalan yang diberikan.

Cara Kerja Rangkaian LED Berjalan

Cara kerja rangkaian lampu LED berjalan ialah mengandalkan IC NE555 sebagai komponen utamanya. Komponen ini akan difungsikan sebagai sinyal logika atau pulsa yang nantinya akan membuat lampu LED berkedip kedip. Komponen utama selanjutnya ialah IC 4017B sebagai penghasil decade counter yang nantinya akan membuat lampu LED bergantian menyala satu per satu secara berurutan.

Rangkaian ini akan bisa bekerja dengan maksimal dengan komponen pendukung lainnya. Komponen tersebut meliputi resistor, capasitor trimpot, dan diode. Fungsi komponen pendukung tersebut ialah sebagai pengatur putaran LED. Untuk mengaktifkan rangkaian lampu berjalan dibutuhkan sumber tenaga yaitu baterai. Tanpa adanya baterai, power supply tidak akan bisa digunakan sebagai sumber tenaga rangkaian LED berjalan.

Jenis-Jenis Rangkaian LED Berjalan (Running LED)

Pada umumnya kita sering sekali melihat rangkaian lampu LED berjalan dengan alur searah atau nyala lampu berurutan dari kanan kekiri. Setelah lampu LED terakhir menyala, maka akan otomatis mereset counter sehingga akan mengulang nyala lampu dari lampu pertama hingga terakhir, begitu seterusnya.


Ada juga  jenis nyala rangkaian lampu LED berjalan bolak balik, yang mana lampu akan menyala dari kanan ke kiri setelah selesai lampu terakhir akan mulai lagi menyala dari ara sebaliknya yaitu dari kiri kekanan, begitu seterusnya.

Cara kerjanya sama seperti pada rangkaian dengan alur searah akan tetapi pada alur bolak balik nilai komponennya akan terjadi perubahan. Perubahan nilai ini nantinya akan mempengaruhi frekuensi sinyal logika atau pulsa yang dihasilkan oleh IC NE555 sebagai rangkaian pewaktu.


Cara membuat rangkaian lampu LED berjalan tetap saja memerlukan keahlian walau terlihat sederhana. Akan lebih baik jika menyerahkan urusan pembuatan kepada ahlinya untuk hasil maksimal dan sempurna. Kalaupun ingin merangkai sendiri, pastikan anda sudah memahami sistem kerja setiap komponen dari rangkaian lampu berjalan ini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Rangkaian Lampu LED Berjalan Menggunakan IC NE555 dan IC 4017B

0 komentar:

Post a Comment