Cara Membuat Rangkaian Seri Sederhana

Tempatnya para hobies elektronika mencari inspirasi

Cara Membuat Rangkaian Seri Sederhana

Cara Membuat Rangkaian Seri Sederhana – Ketika masih di sekolah menengah pertama, pasti pernah mempelajari bagaimana cara membuat rangkaian listrik seri sederhana. Guru akan membawa semua muridnya menuju ruangan laboratorium IPA untuk mempraktikkan bagaimana rangkaian sederhana mengaliri listrik ke media. Apabila telah lupa, bisa dipelajari kembali bagaimana proses membuat rangkaian listrik seri.

Pengertian Rangkaian Seri Listrik

Rangkaian seri ialah rangkaian elektronika yang dipasang secara berurutan sehingga daya yang diterima masing-masing media sama besarnya. Sederhananya, rangkaian seri adalah rangkaian kabel dan komponennya disusun secara berurutan dan sejajar. rangkaian seri biasanya digunakan dalam aliran listrik skala besar untuk mengaliri listrik pada bangunan mulai dari gedung perkantoran hingga bangunan gedung sekolah.



Merupakan salah satu dari dua jenis rangkaian listrik, cara membuat rangkaian seri berbeda dengan cara membuat rangkaian paralel. Bisa dibilang jika rangkaian seri merupakan rangkaian paling sederhana dari sebuah rangkaian listrik. Walaupun terlihat sederhana, proses pemasangan juga memerlukan ketelitian dan kecermatan.

Penerapan rangkaian seri dipilih karena memiliki beberapa keuntungan salah satu diantaranya adalah karena kemudahan dalam proses merangkaianya dan juga kemudahan dalam penggunaannya. Walaupun demikian masih banyak dari kita yang masih belum mengetahui bagaimana cara membuat rangkaian seri listrik. Bahkan, banyak juga yang menyatakan bahwa cukup sulit untuk membuat rangkaian listrik seri.

Cara menerapkan Rangkaian Seri ke Media

Apabila belum memahami bagaimana cara membuat rangkaian seri atau sudah lupa bagaimana cara merangkaianya. Langkah-langkah sederhana berikut ini bisa dijadikan sebagai panduan atau contoh rangkaian seri yang bisa dipraktikkan sendiri. Karena masih sederhana, maka peralatan yang diperlukan juga tidak sulit ditemukan. Yang pertama kali harus dilakukan adalah mempersiapkan alat dan bahan.

Bahan-bahan yang diperlukan
ü      Papan kayu atau triplek sebagai alas
ü      Bohlam dan vitting (tempat bohlam) masing-masing 4 buah
ü      Baterai (merk apa saja) 4 buah + tempat baterai
ü      Kabel
ü      Saklar lampu
ü      Tape/solasi hitam
ü      Gunting/ Cutter/ Tang pengupas kabel
Setelah semua bahan telah dipersiapkan, selanjutnya beralih pada proses pembuatan rangkaian seri

Proses merangkai rangkaian seri sederhana

·         Potong kabel sesuai dengan panjang yang diperlukan dan pada masing-masing ujung kabel dipotong menggunakan gunting atau tang pengupas kabel
·         Letakkan semua komponen diata pan triplek yang sudah disiapkan
·         Kemudian letakkan baterai di tempat baterai
·         Letakkan bohlam pada masing masing vitting
·       
    Sambungkan masing-masing vitting lampu dengan kabel yang sudah disediakan dan dipotong pada bagian ujungnya. Setelah tersambung semua maka lampu akan saling terhubung satu sama lain oleh rangkaian kabel.
·       
     Setelah itu, sambungkan kabel dari bohlam ke kutub positif baterai dan kutub negative baterai. Sampai disini rangkaian lampu sudah selesai.
·        Untuk menambahkan saklar pada rangkaian seri, potonglah tengah kabel antara lampu bohlam yang pertama dengan baterai.
       Lilitkan kabel pada salah satu ujung saklar.



Setelah semua komponen telah selesai di rangkai sesuai dengan urutan dan instruksinya, rangkaian lampu seri sudah bisa untuk di uji cobakan. Untuk mengetes apakah rangkaian bisa bekerja langsung saja menekan tombol saklar. Apabila lampu sudah menyala berarti rangkaian terhubung dengan baik.
Dengan adanya cara membuat rangkaian seri secara sederhana, kita bisa membuat rangkaian listrik sendiri dirumah dengan kapasitas daya yang lebih besar. Tentunya setelah benar-benar memahami langkah-langkah perakitannya.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Membuat Rangkaian Seri Sederhana

0 komentar:

Post a Comment