Cara Membuat Parabola TV Sendiri Dengan Mudah

Tempatnya para hobies elektronika mencari inspirasi

Cara Membuat Parabola TV Sendiri Dengan Mudah

Cara Membuat Parabola TV sendiri dengan mudah – Parabola merupakan sebuah alat yang digunakan untuk menangkap siaran televisi yang disebar dari satelit. Perangkat inilah yang membantu Anda dalam mendapatkan kualitas gambar yang baik. Memang banyak jenis dari antena itu sendiri dari antena grid, antena indoor, sampai antena outdoor. Dalam mengaplikasikannya memang sangat mudah sekali karena bahan yang dibutuhkan bisa menggunakan barang bekas yang sudah tidak terpakai. Memang dalam penerapannya membutuhkan keterampilan khusus sehingga hasil yang ditampilkan pada layar TV menjadi sangat bagus.

Tidak membutuhkan waktu yang lama dalam membuat parabola TV sendiri karena terhitung sangat mudah sekali untuk ditiru. Bagi Anda yang pemula tidak perlu khawatir karena dengan langkah berikut di bawah ini akan membantu Anda dengan mudah untuk mendapatkan hasil yang bagus. Memang banyak faktor yang membuat gambar TV menjadi bagus atau jelek seperti lokasinya yang aman, tidak ada halangan, dan terhindar dari benda yang bisa merusak antena parabola. Dengan begitu kini Anda akan siap membuat parabola TV sendiri dengan mudahnya.

Bahan Yang Diperlukan


Dari penjelasan bahan sudah sangat terbuka sehingga memungkinkan Anda untuk mencari barang bekas serupa seperti kriteria yang dibutuhkan tersebut. Jika tidak memilikinya, Anda bisa membelinya di toko bangunan karena hanya di tempat ini yang akan menyediakan kebutuhan parabola Anda sendiri.

-      Kawat yang memiliki rongga sangat kecil (biasanya untuk menyaring pasir) sekitar 1 atau 2 meter persegi
-          Rangka alumunium atau bisa juga menggunakan kawat besi kurang lebih 4 meter
-          Tali kawat secukupnya saja
-          Sambungan pipa peralon atau PVC 1 buah (T ½)
-          Plat bekas kendaraan bermotor atau bahan lain yang menyerupai bentuk tersebut
-          Tiang untuk penyangga nantinya sekitar 1 meter saja

Cara Membuat Parabola TV sendiri

Dengan cara yang sangat mudah Anda bisa menghasilkan sebuah antena TV yang bisa mendapatkan siaran dari beberapa stasiun TV yang masih bisa dijangkau. Selain hasilnya yang efisien juga dapat menghasilkan tampilan yang baik. Untuk cara membuatnya cukup mudah yaitu dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini :



1.       Pada rangka yang terbuat dari alumunium tersebut dibentuk menyerupai tudung saji sehingga bagian sisi yang satunya akan berbentuk cekung. Usahakan untuk hasilnya menjadi sangat rapi karena akan berpengaruh pada penangkapan sinyal nantinya.
2.   Tempel lembaran kawat yang sudah disiapkan tadi hingga menutupi seluruh bagian rangka yang berbentuk tudung saji tersebut.

3.       Setelah semuanya menutupi tinggal melakukan langkah selanjutnya yaitu mengikatnya dengan kawat kabel yang sudah dikupas dari karet pembungkusnya. Mengapa lebih memilh kawat yang berasal dari kabel karena hasilnya akan lebih maksimal.
4.  Selanjutnya adalah memotong kawat tadi hingga berbentuk bulatan yang sempurna atau minimal menyerupai antena parabola pada umumnya.

5.       Langkah terakhir dari parabola TV sendiri selanjutnya adalah memasang pada tempat yang kondusif. Tempat ini yang memungkinkan terhindar dari penghalang atau lokasinya sangat aman.

Dari beberapa langkah tersebut kini Anda bisa membuat antena dengan sendirinya. Bahan yang diperlukan memang sangat mudah sekali untuk dibeli apalagi sebagian besar Anda bisa memanfaatkannya sebagai barang yang berguna. Demikian tutorial cara membuat parabola TV sendiri dengan mudah sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk segera membuatnya, semoga bisa membantu Anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Membuat Parabola TV Sendiri Dengan Mudah

0 komentar:

Post a Comment