Dinamo Genset: Bagian-bagian Dinamo Genset dan Cara Kerjanya

Tempatnya para hobies elektronika mencari inspirasi

Dinamo Genset: Bagian-bagian Dinamo Genset dan Cara Kerjanya

Dinamo genset (generator set) merupakan alat yang bekerja secara mekanik dengan cara memutar magnet di dalam kumparan atau sebaliknya. Terjdi fluks gaya magnet atau perubahan arah penyebaran medan magnet sewaktu magnet digerakkan dalam kumparan. Gaya magnet dalam kumparan tersebut akan menembus tegak lurus terhadap kumparan, yang menyebabkan antara ujung-ujung kumparan memiliki perbedaan potensial sehingga menimbulkan listrik.


Supaya dinamo genset bisa menghasilkan energi listrik, harus terjadi perubahan fluks magnetik. Perubahan fluks magnetik ini bisa didapatkan dengan menggerakkan magnet pada kumparan (atau sebaliknya) menggunakan energi dari sumber berbeda. Misalnya angin atau air yang memutar baling-baling turbin supaya magnet dapat bergerak.

Ketika suatu konduktor bergerak dengan memotong medan magnet, dengan sendirinya timbul perbedaan tegangan pada ujung-ujung konduktor. Berikutnya tegangan akan naik sewaktu mendekati medan dan akan menjauhinya sewaktu tegangan turun sehingga menimbukan arus listrik dalam siklus “positif-nol-negatif-nol” (AC). Tegangan negatif generator DC akan membalik arah arus menggunakan sistem cincin-belah sehingga timbul arus listrik dalam siklus “positif-nol-positif-nol” (DC).

Cara Kerja Dinamo Genset

Generator merupakan mesin yang mampu mengubah energi mekanik menjadi energi listrik dengan proses induksi elektromagnetik. Adapun energi mekanik pada mesin ini diperoleh dari prime mover. Generator dengan arus bolak balik (AC) juga populer disebut alternator. Umumnya generator didesain sedemikan rupa sehingga mampu menyuplai energi lsistrik kemudian menjadikan suplai tersebut sebagai beban prioritas.

Sedangkan genset adalah bagian dari generator dimana alat ini memiliki sistem generator listrik yang terdiri dari panel-panel dengan penyaluran energi memanfaatkan  energi solar (optional). Dalam dinamo genset terdapat kincir penggerak yang ditempatkan di lokasi khusus. Secara umum genset digunakan sebagai cadangan listrik atau sumber daya yang disesuaikan dengan kebutuhan pemakai (off-grid). Genset biasanya banyak digunakan sebagai cadangan listrik di perusahaan-perusahaan industri, rumah sakit, atau tempat-tempat umum yang membutuhkan energi listrik relatif stabil dan berkapasitas besar.

Dinamo Listrik dengan Automatic Voltage Regulator (AVR)

Genset dengan AVR bekerja 10 detik setelah lsitrik padam dan pada 10 detik selanjutnya tenaga listrik yang tersimpan di-switch (dialihkan) ke dinamo genset sehingga lampu kembali menyala. Sistem kerja generator dengan supply listrik pasca 20 detik listrik padam ini ditopang oleh Automatic Voltage Regulator (AVR).  

Dalam AVR terdapat Mutual Reactor (MT), sejenis trafo model Current Transformer (CT) yang sanggup menghasilkan arus listrik sesuai besaran arus beban yang melaluinya (dirangkai secara seri). Selanjutnya arus listrk yang dihasilkan digunakan untuk menambah kekuatan medan magnet pada lilitan rotor. Dengan sendirinya untuk beban yang besar maka arus yang dihasikan juga lebih besar.

Perlu diketahui, untuk menjaga kestabilan AVR pada dinamo genset, AVR ini tidak bisa bekerja sendirian. Untuk menopang kinerja AVR genset juga dibekali System Governor untuk menjaga Rotation Power Momentum (RPM) agar tetap stabil. Dengan demikian dapat dihasilkan frekuensi putaran yang stabil sewaktu ada bebab maupun tidak ada beban. Ini bisa dilakukan dengan mengatur suplai solar atau BBM lain pada generator genset ini.

Sewaktu listrik kembali menyala, Automatic Transfer Switch (ATS) secara otomatis akan mengalihkan suplai energi dari dinamo genset ke PLN. Mekanisme perpindahan ini dilakukan tanpa harus memadamkan lampu sehingga kenyamanan konsumen tidak terganggu. Secara otomatis genset akan mati dalam waktu 5 detik.

Meskipun dinamo genset sering disebut membutuhkan suplai BBM yang cukup besar, namun kehadirannya mampu menjadi solusi sewaktu terjadi pemadaman aliran listrik. Hal ini tentu sangat membantu terutama bagi Anda yang bekerja dengan mengandalkan tenaga listrik.     



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Dinamo Genset: Bagian-bagian Dinamo Genset dan Cara Kerjanya

0 komentar:

Post a Comment