Inverter Pure Sine Wave Terbaik Cara Kerja Dan Kelebihannya

Tempatnya para hobies elektronika mencari inspirasi

Inverter Pure Sine Wave Terbaik Cara Kerja Dan Kelebihannya

Kebutuhan akan alat elektronik memang semakin meningkat terutama pada hal-hal yang berkaitan dengan listrik. Bagi anda yang ingin mencari atau membeli inverter pure sine wave terbaik, namun belum mengetahui benar tentang ini. Sebaiknya cari informasi sebanyak mungkin sebelum memutuskan membeli untuk menghindari kesalahan. Berikut ini ada beberapa hal yang berkaitan dengan masalah inverter, khususnya inverter pure sine wave. Silahkan disimak!

Apa Itu Inverter?


Mungkin anda sudah sering mendengar kata ‘Inverter” namun belum mengetahui apa arti kata tersebut atau bagaimana bentuknya. Inverter merupakan sebuah rangkaian eletronika daya yang memiliki fungsi untuk mengkonversi tegangan searah yang biasa di singkat DC ke tegangan bolak-balik atau AC sehingga dapat digunakan untuk suplay listrik ke dinamo motor atau alat lainnya. Banyaknya manfaat inverter atau dengan kata lain multifungsi, membuat perkembangan inverter saat ini sudah bermacam-macam. Inverter yang banyak dikenal saat ini dibagi menjadi 3 jenis.

Tentang Inverter Pure Sine Wave Terbaik

Berdasarkan jenis inverter yang ada, salah satunya adalah inverter pure sine wave dan dua jenis lainnya bernama inverter modified sine wave dan inverter square wave. Berikut masing-masing penjelasannya.
Inverter pure sine wave: merupakan inverter dengan ketegangan output berbentuk gelombang sinus murni. Inverter pure sine wave terbaik memiliki keunggulan dapat memberikan suplay tegangan ke induktor dengan efisiensi yang paling baik mencapai 80%. Jika anda ingin membuat generator tanpa BBM menggunakan inverter pure sine wave, maka pilihlah yang 24 vdc atau 48 vdc.

Inverter modified sine wave: merupakan inverter yang memiliki tegangan berbentuk kotak yang dimodifikasi sehingga mirip gelombang sinus. Untuk inverter jenis ini memiliki efisiensi daya yang lebih rendah dibandingkan inverter pure sine wave jika dipakai untuk suplay beban ke motor listrik.

Inverter square wave: merupakan inverter yang memiliki output gelombang bentuk kotak. Untuk inverter jenis ini hampir tidak dapat digunakan untuk suplay tegangan ke induktor atau motor listrik.

Kelebihan Dan Kegunaan Inverter Pure Sine Wave Terbaik


Kelebihan inverter pure sine wave terbaik terletak pada fungsi dan kemampuannya yang mampu merubah tegangan listrik yang ada pada aki atau batrai dengan output gelombang yang sama dengan output gelombang yang dihasilkan oleh listrik PLN. Hal ini membuat inverter pure sine wave lebih aman dipakai untuk menyalakan alat elektronik yang menggunakan motor listrik seperti pompa air, kulkas, AC dan lainnya, dimana untuk jenis inverter lain tidak dapat melakukan hal ini.


Semoga ulasan mengenai inverter ini dapat menambah wawasan anda terhadap perkembangan alat elektronika yang ada saat ini. Terimakasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini hingga akhir. Semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Inverter Pure Sine Wave Terbaik Cara Kerja Dan Kelebihannya

4 komentar:

Post a Comment