Dioda Penyearah Setengah Gelombang (Half Wave Rectifier)

Dioda Penyearah Setengah Gelombang (Half Wave Rectifier)

dioda Penyearah Setengah Gelombang (Half Wave Rectifier)
Penjelasan dari contoh gambar di atas yaitu penyearahan tanda AC jadi tanda 1/2 gelombang. Lantaran sisi positif anoda pada dioda jadikan sebagai inputnya jadi cuma tanda AC sisi positifnya saja yang bakal ditinggalkan oleh dioda, sedang sisi negatifnya bakal ditahan. Arti untuk gambar di atas yaitu rangkaian penyearah setengan gelombang atau dalam bhs asing diberi nama Half Wave Rectifier.

Tegangan output dari satu dioda penyearah bisa dihitung bisa di ketahui Nilainya dengan menggunbakan rumus Vmax x 0, 318 atau Vrms x0, 45, bentuk kesamaan itu bisa digambarkan seperti berikut :

dioda Penyearah Setengah Gelombang (Half Wave Rectifier)

Tanda Output TRangkaian 1/2 Gelombang


Di mana Vmax yaitu nilai maksimum dari puncak tegangan serta Vrms yaitu rata-rata tegangan DC yang dihasilkan. Lantaran tegangan yang disearahkan cuma setengan gelombang (50% dari teganagan sinusoidalnya), jadi tegangan Vmax yaitu sama juga dengan tegangan input dikurangi tegangan drop dioda lalu dikalikan 50%. Serta VRMS (Root Mean Sequared) yaitu rata-rata tegangan DC dari magnitude tegangan AC sinusoidal, nilai tegangan RMS yaitu 0, 707 x tegangan puncak maksimum (Vmax.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Dioda Penyearah Setengah Gelombang (Half Wave Rectifier)

0 komentar:

Post a Comment