Pengertian Speaker dan Prinsip kerjanya

Pengertian Speaker dan Prinsip kerjanya

Pengertian Speaker dan Prinsip kerjanya - Anda dapat mendengar alunan bunyi radio dan musik dari handphone anda pastinya dari speaker yang terpasang di Handphone atau Radio anda tersebut. Atau bisa juga disebut dengan LoundSpeaker yang ada pada komponen Elektronik Ponsel dan Radio anda tersebut. LoundSpeaker atau dalam bahasa indonesianya disebut dengan Pengeras Suara yang berguna untuk mengeraskan frekuensi suara.

Sahabat sekalin, dalam uraian singkat berikut ini kami akan berbagi dengan anda semua tentang Pengertian Speaker dan Prinsip kerjanya dan ini semua akan memberikan pencerahan sedikit untuk anda dalam mengerti lebih dalam tentang Pengertian Speaker dan Prinsip kerjanya ini.

Baca juga : Cara Merawat Trafo Listrik Dengan Mudah
 
Pengertian Speaker dan Prinsip kerjanya
Loudspeaker atau yang lebih sering disingkat dengan Speaker adalah Sebuah Transduser yang bisa mengubah energi listrik menjadi Suara atau bunyi yang lebih keras sehingga frekuensi suara yang dihasilkannya dapat didengar oleh telinga manusia dengan cara mengetarkan komponen membran pada Speaker itu sendiri sehingga terjadilah gelombang suara yang cukup besar.

Pengeras Suara (Loundspeaker) juga memiliki cara tersendiri dalam menghasilkan suara dan ini wajib untuk kita ketahui apalagi jika kita ingin menambah ilmu pengetahuan seputar Elektronika. Lalu bagaimana cara Loundspeaker tersebut bisa menghasilkan suara?, Yaitu dengan cara menghasilkan frekuensi suara yang cukup untuk bisa didengar manusia. Besar Frekuensi suara yang dapat didengar oleh manusia yaitu sekitar 20 - 20.000 Hz.

Timbulnya suara akibat adanya sebuah fluktuasi pada tekanan udara yang disebabkan gerakan atau getaran sebuah objek tertentu. Dan ketika Objek itu bergerak atau bergetar, Maka Objek tersebut akan mengirimkan sebuah energi yang bernama Energi Kinetik untuk partikel udara yang ada disekitarnya. Hal ini dapat di-anologi-kan seperti waktu terjadinya gelombang pada air. Namun yang dimaksud Frekuensi adalah jumlah getaran yang dapat terjadi dalam kurun waktu satu detik. Frekuensi juga dipengaruhi kecepatan getaran di objek yang dapat menimbulkan suara, dan semakin cepat getarannya maka semakin tinggi juga frekuensinya.

Speaker juga terbagi atas 2 macam yaitu Speaker Aktif dan Speaker Pasif  dan kedua jenisnya ini memiliki fungsi tersendiri dan memiliki kerja dan kegunaanya tersendiri.

Nah baiklah semoga artikel saya kali ini tentang Pengertian Speaker dan Prinsip kerjanya dapat berguna dan bermanfaat untuk anda semua dan semoga anda dapat terbantu dengan artikel saya yang singkat ini dan jangan lupa untuk berkomentar.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian Speaker dan Prinsip kerjanya

0 komentar:

Post a Comment