Pengertian dan Fungsi Induktor beserta Jenis-jenisnya

Pengertian dan Fungsi Induktor beserta Jenis-jenisnya

Pengertian dan Fungsi Induktor beserta Jenis-jenisnya - Selain dari Kapasitor dan Resistor, Induktor juga merupakan sebuah komponen penting yang wajib ada pada alat Elektronik pasif yang sering sekali di temukan pada Elektronika. Apalagi yang berhubungan dengan frekuensi Radio. Induktor atau yang biasa juga disebut dengan Coil, merupakan salah satu alat elektronika pasif yang berupaa lilitan kawat yang berbentuk sebuah kumparan.

Pada artikel saya kali ini akan berbagi tentang  permasalahan Pengertian dan Fungsi Induktor beserta Jenis-jenisnya, untuk lebih memahami tentang masalah Pengertian dan Fungsi Induktor beserta Jenis-jenisnya, anda harus benar benar membaca dengan teliti dan memahaminya dengan baik supaya anda lebih mengerti dan paham dengan benar, dalam artikel yang singkat ini mudah mudahan anda dapat memetik manfaat yang lebih banyak

Baca juga : Cara Merawat Trafo Listrik Dengan Mudah


Pengertian dan Fungsi Induktor beserta Jenis-jenisnya

Pada hakikatnya, Induktor juga dapat menimbulkan Medan Magnet apabila dialiri dengan Arus Listrik. Medan Magnet yang ditimbulkan dapat menyimpan energi dalam waktu yang relatif singkat. Dasar dari sebuah Induktor adalah berdasarkan Hukum Induksi Faraday. Induktor atau yang biasa disebut Coil juga memiliki kemampuan untuk menimbulkan medan magnet yang biasa disebut dengan Induktansi yang satuan unitnya adalah Henry (H).

Pada dasarnya kemampuan Induktor dalam menimbulkan Medan Magnet yang disebut Henry ini juga memiliki turunan karena satuan Henry pada umumnya terlalu besar. Turunan dari satuan henry adalah diantaranya milihenry (mH) dan microhenry (┬ÁH). Sebuah Simbol yang digunakan untuk melambangkan Induktor dalam Rangkaian Elektronika adalah huruf “L”.

Ada 4 Faktor yang mempengaruhi Nilai Induktansi sebuah konduktor (Coil) diantaranya adalah.
  • Jumlah Lilitan, makin banyak lilitan konduktornya maka semakin tinggi pula Induktasinya
  • Diameter Induktor, Makin besar diameter sebuah induktor maka semakin tinggi juga induktansinya
  • Permeabilitas Inti, adalah bahan Inti yang dipakai seperti Udara, Besi ataupun Ferit.
  • Ukuran Panjang Induktor, Makin pendek Induktor (Koil) itu maka semakin tinggi juga induktansinya.
Induktor juga memiliki Jenis-jenis tersendiri dan berikut beberapa jenis Coil (Induktor tersebut).
  • Air Core Inductor
  • Iron Core Inductor
  • Ferrite Core Inductor
  • Torroidal Core Inductor
  • Laminated Core Induction
  • Variable Inductor
Nah mungkin hanya inilah yang dapat saya berikan untuk hari ini dan semoga artikel tentang Pengertian dan Fungsi Induktor beserta Jenis-jenisnya ini bisa bermanfaat untuk anda semua dan semoga bisa juga membantu anda semua.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian dan Fungsi Induktor beserta Jenis-jenisnya

0 komentar:

Post a Comment

close