Cara Merawat Trafo Listrik Dengan Mudah

Cara Merawat Trafo Listrik Dengan Mudah

Cara Merawat Trafo Listrik Dengan Mudah -  hay semuanya kamli ini akan berbagi info dengan sahabat muda sekalian dengan tema yang tidak bagitu janggal yaitu tentang bagaimana kita Cara Merawat Trafo Listrik Dengan Mudah , sebagaimana kita ketahui bahwa trafo merupakan suatu alat yang berguna untuk menampung arus listrik yang selanjutnya aliran atau arus listrik tersebut akan diteruskan ke baban yang akan menerima listrik itu, jadi keguanaan dari trafo ini adalah untuk pengaturan arus listrik supaya dalam penggunaaanya akan lebih hemat dan akan lebih efisiensi, jadi dari bagian trafo ini sangatlah penting sekali.


Nah setelah kita katahui sama tentang apa itu trafo dan apa yang akan dihasilkan trafo dan manfaat dari trafo itu sendiri maka sekarang kita akan belajar bagaimana akan Cara Merawat Trafo Listrik Dengan Mudah dan akan selalu awet dalam mengatur arus listrik agar lebih efisien. maka dari itu, inilah tips yang akan kami bagiakan semoga anda dapat memetik hasinnya.

Cara Merawat Trafo Listrik Dengan Mudah

CARA MERAWAT TRAFO DENGAN MUDAH

1. Kontrol Luar Sisi Trafo

mengecek seluruhnya keadaan tangki pada trafo, termasuk juga seluruhnya baut/mur atau sisi yang pernah dilas. Yakinkan kondisinya tak ada yang bocor dan anda juga perlu mengecek keadaan sambungan kabel atau konduktor pada terminal serta pentanahan/pembumian dan juga mengecek silica gel dalam breather. Sekurang-kurangnya 3/4 dari silica gel mesti berwarna biru. Bila kurang, silica gel mesti ditukar seluruhnya atau diaktifkan kembali. mengecek tinggi dari permukaan oli, yakinkan bila masih tetap ada diatas batas oli level indicator, dan Bila dilengkapi nitrogen, janganlah lupa mengecek desakan nitrogen itu harusnya pada +2 Psi serta +3 Psi.

2. Pembersihan Pada Trafo

Bersihkan terminal isolator dengan kain pembersih yang kering dan juga Bersihkan juga tangki serta radiator trafo. Pakai angin (air kompresor) bertekanan untuk hembuskan debu lalu keringkan kembali dengan angin dan Bila anda temukan sisi berkarat, hapuslah karat dengan memakai amplas lalu cat kembali.

3. Kontrol Perlengkapan Trafo

mengecek seluruhnya perlengkapan trafo apakah masih tetap bekerja dengan baik dan lancar dan Bila Trafo dilengkapi dengan relay pengaman, periksalah keadaan trafo dari contact point.

4. Pemeliharaan Trafo Berkala Lima Tahunan

Cermati dengan cermat keadaan pada tangki trafo lantaran biasanya diperlukan pengecatan lagi dan anda Kontrol kwalitas oli trafo. yakinkan Oli trafo dapat menahan tegangan 30kV/2. 5 mm kurun waktu 1 menit, sesuai sama standard IEC. Pengukuran tegangan tembus minyak cuma bisa dikerjakan dengan peralatan spesial seperti oli dielectric strength tester.

Demikianlah tips cara memelihara dan cara merawat trafo listrik dengan mudah semoga dengan adanya artikle ini bisa bermanfaat untuk anda semuanya jadi tetaplah semangat dalam merawat trafo anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Merawat Trafo Listrik Dengan Mudah

0 komentar:

Post a Comment

close