Tips Cara Mudah Memperbaiki Aki Kering Yang Soak

Tempatnya para hobies elektronika mencari inspirasi

Tips Cara Mudah Memperbaiki Aki Kering Yang Soak

Bila Anda memiliki aki yang rusak / soak janganlah buru-buru membuangnya karena bisa saja Anda memperbaikinya sehingga lebih hemat biaya dan ikut andil dalam memelihara lingkungan. Bila sebelumnya saya telah membahas cara mudah memperbaiki accu basah maka sekarang saatnya saya membahasa tips cara mudah memperbaiki aki kering.

Tips cara mudah memperbaiki aki kering ini dapat Anda gunakan pada aki kering sepeda motor Anda yang mulai rewel dengan tanda-tanda tidak langsung menyalanya sepeda motor saat Anda starter.

Bila Anda bertanya cara memperbaiki aki kering ke bengkel-bengkel motor pasti jawabannya tidak dapat diperbaiki jadi sebaiknya diganti baru saja. Padahal bila Anda mengetahuinya, aki tsb masih bisa diselamatkan loh … Mau tahu caranya? Yuk simak ulasannya berikut ini ..

Cara Mudah Memperbaiki Aki Kering Motor Yang Soak


Bahan Yang Diperlukan


Berikut ini adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk memperbaiki aki kering yang soak, yang harus Anda siapkan sebelum proses perbaikan dimulai:
  • Accu Zuur
  • Suntikan tinta (yang biasa digunakan untuk refill tinta printer)
Baca juga: Cara Mudah Membuat Charger Accu Otomatis

Cara Memperbaiki Aki Kering 


cara mengatasi aki kering rusak
photo credit: serviceautosrepair.com

Berikut ini adalah langkah-langkah memperbaiki aki kering yang soak
  1. Ambil atau lepaskan aki kering yang ada di sepeda motor, namun perhatikan susunan kabelnya, bila diperlukan foto susunan tsb agar tidak lupa.
  2. Buka tutup aki, biasanya terdapat 3 buah lubang dengan penutup dari karet.
  3. Isikan Accu Zuur yang tadi disiapkan ke dalam aki kering motor hingga kira-kira sampai 1 cm dari mulut lubang aki.
  4. Tutup kembali lubang aki dengan rapat lalu pasang kembali aki kering ke box sepeda motor, atur pemasangan susunan kabel seperti awalnya dan jangan sampai salah.
  5. Nyalakan motor sekitar 15 menit untuk mengisi daya aki kering tsb.

Nah itulah cara mudah memperbaiki aki kering yang soak. Bila ternyata cara di atas masih tidak berhasil juga mungkin memang sudah waktunya aki tsb diganti dengan yang baru. Aki kering bawaan motor biasanya memiliki daya hidup 3-5 tahun.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Cara Mudah Memperbaiki Aki Kering Yang Soak

0 komentar:

Post a Comment