Cara Mudah Memperbaiki Kipas Angin Mati Total

Cara Mudah Memperbaiki Kipas Angin Mati Total

Kipas angin sangat vital fungsinya untuk Anda yang berada di daerah berhawa panas. Namun seperti halnya barang elektronik lainnya, kipas angin pun rusak atau bahkan mati total. Bila sudah begini rasa kenyamanan Anda tinggal di rumah akan berkurang. Sebelum Anda buru-buru membeli kipas angin yang baru, Anda dapat mencoba memperbaiki kipas angin mati total tsb sendiri di rumah.

cara memperbaiki kipas angin rusak

Cara Memperbaiki Kipas Angin Mati Total


Sebelum Anda memperbaiki kipas angin mati total tsb, pastikan kipas angin tsb tidak terhubung dengan sumber arus listrik.

Berikut ini adalah daftar periksa yang perlu Anda lakukan untuk memperbaiki kipas angin mati total:

1. Periksa kabel power kipas angin apakah ada yang terkelupas / putus. Untuk memeriksa kabel power yang putus di bagian dalam kita memerlukan bantuan AVO meter / multimeter. Cara memperbaiki kipas angin mati total karena kabel power putus adalah dengan menggantinya dengan yang baru. 
 
Baca juga: Cara Memeriksa Komponen Elektronika Menggunakan AVO Meter

2. Periksa koneksi panel pada saklar pengatur kecepatan / speed switch kipas angin. Gunakan AVO meter untuk memeriksa koneksi setiap kabel yang menempel pada panel (biasanya ada 2-3 buah kabel yang berasal dari motor kipas angin / trafo kumparan) dengan 1 buah kabel yang menuju sumber arus listrik langsung. Untuk memeriksanya potong bagian tengah kabel, posisikan saklar AVO meter pada x1 atau x10, tempelkan setiap probe pada kabel yang berasal dari trafo / kumparan secara bergantian. Bila jarum AVO meter bergerak ke kanan artinya ada koneksi dan ini berarti kumparan kipas angin masih bagus. Bila jarum tidak bergerak artinya ada kerusakan di bagian kumparan. Kemungkinan yang rusak / putus adalah bagian sekering / thermofuse atau mungkin di bagian kawat kumparan. Cara memperbaiki kipas angin mati total karena sekering putus maka dapat diganti dengan yang baru. Sementara cara memperbaiki kipas angin mati total karena kumparan trafo yang rusak, maka bawalah trafo tsb ke tempat service atau ganti dengan yang baru.
 
3. Periksa kapasitor kipas angin. Kapasitor yang lemah, rusak, atau mati dapat menyebabkan kipas angin berputar lambat. Kapasitor biasanya berbentuk kotak hitam dan terletak di belakang tutup kipas angin. Kapasitor rusak ditandai dengan bentuk fisik menggembung, membengkak, atau pecah. Cara memperbaiki kipas angin mati total karena kapasitor rusak adalah dengan cara mengganti kapasitor tsb dengan yang baru.

Itulah 3 daftar periksa untuk memperbaiki kipas angin yang dapat Anda lakukan. Memperbaiki kipas angin sendiri selain mengasah kemampuan Anda juga dapat menghemat pengeluaran.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mudah Memperbaiki Kipas Angin Mati Total

0 komentar:

Post a Comment

close