Cara Mudah Memeriksa Coil atau Kumparan Motor 3 Fasa

Tempatnya para hobies elektronika mencari inspirasi

Cara Mudah Memeriksa Coil atau Kumparan Motor 3 Fasa


Di dunia elektronika dikenal ada beberapa tipe motor AC yang masing-masing tipenya memiliki karakteristik operasi dan mekanik yang berbeda. Jenis motor yang paling umum adalah jenis squirrel cage rotor yaitu sebuah motor 3 fasa memiliki tiga gulungan dimana terdapat enam koneksi yang mengarah ke kotak terminal konektor. Mungkin Anda sering mengalami motor 3 fasa Anda tidak berfungsi. Maka salah satu solusinya adalah dengan memeriksa coil atau kumparan motor 3 fasa tsb.

Baca: Cara Mudah Memeriksa Komponen Elektronika Dengan AVO Meter

Sebelum kita membahas cara mudah memeriksa coil atau kumparan motor 3 fasa, sebaiknya kita ketahui dulu masalah yang sering terjadi pada motor 3 fasa, yaitu:
  • Coil atau kumparan rusak
  • Short atau hubungan pendek pada coil 
  • Coil bocor
Untuk memastikan masalah yang terjadi maka kita harus memeriksa coil atau kumparan motor 3 fasa tsb menggunakan alat multiguna yaitu AVO meter atau bisa juga menggunakan ohm meter.

Cara Memeriksa Coil atau Kumparan Motor 3 Fasa Menggunakan Ohm Meter


Sebelum Anda memeriksa coil atau kumparan motor 3 fasa untuk memastikan masalah yang terjadi, Anda harus mengetahui dulu hubungan keenam terminal konektor yang mengarah ke kumparan motor. Ada 2 tipe hubungan konektor yaitu delta dan star. 

cara mudah memeriksa coil / kumparan motor 3 fasa
Terminal Konektor Delta

cara mudah memeriksa coil / kumparan motor 3 fasa
Terminal Konektor Star

Baca juga: Cara Membuat Konverter Arus AC ke DC Sendiri

Selain itu sebelum memeriksa coil atau kumparan motor 3 fasa, kita juga harus mengetahui pola silang pada hubungan terminal tersebut ke coil atau kumparan motor atau dengan kata lain kita harus mengetahui dulu pasangan terminal masing-masing yaitu satu pasang terminal untuk setiap kumparan Contoh, bila kumparan motor 3 fasa seperti gambar di atas maka pasangannya adalah terminal 1 dengan C, terminal 2 dengan A, terminal 3 dengan B.

cara memeriksa coil atau kumparan motor 3 fasa
Hubungan Terminal Konektor

cara memeriksa coil atau kumparan motor 3 fasa
Terminal Pada Kotak Konektor
  • Pastikan motor tidak terhubung secara Delta atau Star atau agar lebih yakin Anda dapat mencopot plat penghubung konektor. 
  • Pastikan setiap pasangan terminal yang terhubung ke masing-masing kumparan tidak saling berhubungan. Lakukan pemeriksaan menggunakan Ohm meter, jika hasil pengukuran menunjukkan saling berhubungan berarti kumparan satu sama lain saling short. 
  • Lakukan pemeriksaan setiap terminal dengan ground untuk mengetahui adanya kumparan yang short ke ground atau bodi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mudah Memeriksa Coil atau Kumparan Motor 3 Fasa

0 komentar:

Post a Comment