Cara Mudah Membuat Charger Accu Otomatis

Tempatnya para hobies elektronika mencari inspirasi

Cara Mudah Membuat Charger Accu Otomatis

Bila Anda memiliki accu di rumah maka accu / aki tsb perlu di-charge setiap kali kapasitas listriknya habis. Ngomong-ngomong soal charger, tentunya sobat mengingikan charger otomatis yang dapat menghentikan proses pengisian arus listrik bila kapasitasnya telah penuh. Selain lebih aman, tentunya akan lebih menghemat listrik. Nah pertanyaannya, bagaimana cara membuat charger accu otomatis tsb? 
Baca juga: Cara Mudah Memperbaiki Accu Rusak

Sobat tenang saja, karena pada artikel kali ini, saya akan membagikan rangkaian elektronika untuk membuat charger accu otomatis. Oh ya rangkaian ini pun dapat digunakan untuk membuat charger baterai otomatis tapi hanya untuk batu baterai ukuran kecil ya yaitu jenis AA dan AAA.

Cara Membuat Charger Accu Otomotis / Charger Baterai Otomatis


Silahkan dilihat dulu gambar rangkaian elektronika charger accu otomatis berikut ini sebelum membaca penjelasannya, agar lebih afdol gan :).
cara membuat charger baterai otomatis, cara membuat charger aki kering otomatis
Proses pengisian accu / aki dengan rangkaian charger accu otomatis ini menggunakan arus pengisian sistem pulsa dan detektor tegangan puncak accu pada posisi full charge sehingga sangat aman untuk accu yang sedang di charge.

Sementara, rangkaian pembangkit pulsa pada charger accu otomatis ini dibangun menggunakan gerbang NAND dan sebagai detektor tegangan posisi full charge-nya menggunakan IC741 yang di-set sebagai komparator dengan referensi nilai tegangan full charge accu / baterai.

Oh ya perlu Sobat ketahui bahwa rangkaian charger accu otomatis ini yang sedang dibahas ini merupakan rangkaian charger aki kering jadi hanya bisa digunakan untuk cas aki kering ya. 
Baca juga: Cara Membuat Charger Baterai Kering / Tabung dari Charger HP

Rangkaian charger accu otomatis diatas akan membaca level tegangan baterai melalui pin 2 IC741 yang kemdian dibandingkan dengan tegangan referensi yang ditentukan berdasarkan perbandingan nilai R1 dan R2. Saat pengisian maka LED 2 akan menyala dan bila proses pengisian daya telah selesai maka LED 1 yang akan menyala. Perlu diperhatikan bahwa transistor Q1 BD139 akan menjadi panas saat proses charging / pengisian sehingga diperlukan pendingin.

Bila diperlukan, untuk modifikasi tegangan referensi rangkaian charger accu otomatis di atas dapat dilakukan dengan mengubah nilai komponen R1 dan R2 sehingga diperoleh level puncak tegangan full charge sesuai yang dikehendaki dengan menggunakan rumus berikut ini Vref = (R2/(R1+R2))xVin. 
Itulah beberapa hal yang dapat saya ulas dalam membuat charger accu otomatis / baterai kering, semoga bermanfaat ..

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mudah Membuat Charger Accu Otomatis

1 komentar:

  1. Charger Aki Otomatis Terbaik Saat Ini "Automac Charger Aki Otomatis Dual System Canggih Auto ON Auto OFF", Asli Produk Indonesia. Supportlah Produk Produk Asli Anak Bangsa Indonesia

    www.automacindo.com

    ReplyDelete