Cara Mudah Memperbaiki Stik PS2 Mati Total

Tempatnya para hobies elektronika mencari inspirasi

Cara Mudah Memperbaiki Stik PS2 Mati Total


Bila Anda memiliki PS2 dan sering memainkannya maka bagian yang sering rusak adalah stik PS2. Salah satu penyebabnya mungkin karena saat memainkannya terlalu semangat sehingga jarang menggunakan perasaan dalam mengoperasikan stik PS2 tsb. Bila Anda memiliki stik PS2 yang rusak / mati total maka ada 2 cara untuk mengatasinya yaitu memperbaiki stik PS2 atau menggantinya dengan yang baru.
Namun bila Anda memilih cara pertama yaitu memperbaiki stik PS2 karena keterbatasan dana atau ingin mengasah keahlian Anda maka ada yang harus diperhatikan sebelum Anda memperbaikinya, yaitu Anda harus mengetahui jenis stik PS2 yang Anda gunakan karena ada perbedaan karakterikstik dan konfigurasinya yang menyebabkan cara memperbaiki stik PS2 itu pun agak berbeda.

Stik PS2 yang mati total ditandai dengan tidak menyalanya lampu indikator LED pada stik sehingga tidak dapat berfungsi sama sekali. Penyebab kerusakan ini biasanya karena tidak tersuplainya tegangan stik PS2 oleh console, dengan demikian kita perlu memeriksa hubungan antara console dan kabel dari stik untuk memperbaiki stik PS2 tsb.
cara mengatasi stik ps2 mati total


Cara Mudah Memperbaiki Stik PS2 Yang Mati Total


  1. Buka bagian belakang casing stik PS2.
  2. Lakukan pemeriksaan kabel stik dengan AVO meter dengan cara memutar posisi multimeter ke skala ohm meter (atau buffer bila ada) lalu hubungkan salah satu probe multimeter dengan ujung jack kabel stik dan probe lainnya ke ujung kabel yang disolder pada PCB. Lakukan pemeriksaan pada semua kabel stik. Bila jarum tidak bergerak berarti ada yang putus. (Baca juga: Cara Memeriksa Komponen Elektronika Denga AVO Meter)
  3. Bila Anda sudah menemukan kabel mana yang putus, potong kabel tsb dari PCB. 
  4. Kupas kabel tsb kira-kira 10 cm, lalu coba tarik kabel putus tsb. Kabel putus biasanya akan mudah ditarik. 
  5. Potong ujung kabel putus tadi lalu cek ulang dengan AVO meter seperti tadi. Bila jarum bergerak berarti kabel yang terhubung dengan stik masih baik. Namun bila tidak bergerak, berarti masih ada bagian yang putus, ulangi langkah 4-5 kembali. 
  6. Bila kabel terlalu pendek, maka Anda dapat mengganti kabel tsb. 
  7. Hubungkan kembali kabel tsb pada PCB dengan menyoldernya.

Itulah cara mudah memperbaiki stik PS2 yang mati total karena putusnya kabel antara stik dan console. Jangan lupa lakukan pemeriksaan apakah stik PS2 tsb sekarang sudah berfungsi normal. Namun saya yakin bila Anda memiliki PS2 rusak karena lampu LED nya mati dan mengikuti cara memperbaiki stik PS2 seperti di atas maka seharusnya stik tsb sudah dapat berfungsi kembali. Sedikit tips dari saya, saat Anda membongkar rangkaian casing sebaiknya catat atau foto rangkaiannya sehingga tidak terjadi kesalahan saat menghubungkan kabel.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mudah Memperbaiki Stik PS2 Mati Total

0 komentar:

Post a Comment